Home / Sports / KONI Sibolga Gagal Tuan Rumah 4 Cabor Porwil Sumut

KONI Sibolga Gagal Tuan Rumah 4 Cabor Porwil Sumut

Medan, 21/11 (LintasMedan) – KONI Kota Sibolga menarik diri menjadi tuan rumah pertandingan empat cabang olahraga Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Porwil-Sumut) yang diangendakan digelar April hingga Mei 2018.

Ketua Umum KONI Kota Sibolga Aslinda Hutagalung menyampaikan hal tersebut pada Rapat Kooridinasi (Rakor) Teknis KONI Sumut di Hotel Emerald Garden, Senin malam.

Rakor diikuti 34 KONI Kota dan Kabupaten se-Sumut serta seluruh Pengprov dan Badan Fungsionaris Anggota KONI Sumut.

“Dengan berat hati saya sampaikan Sibolga tidak bisa menjadi tuan rumah empat cabang olahraga karena tidak ada anggaran pembinaan yang dialokasikan Pemerintah Kota setempat,” katanya usai pembukaan Rakor oleh Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis.

Keempat cabang tersebut yakni bulutangkis, tenis meja, drumband dan catur.

Tidaknya anggaran pembinaan olahraga di kota itu, kata dia sudah berlangsung sejak tahun 2016.

“Kami juga pesimis untuk tahun 2018 organisasi KONI bisa mendapat kucuran anggaran APBD,” ucapnya.

Menanggapi hal itu Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis turut prihatin dan menyesalkan sikap Pemko Sibolga yang enggan mengalokasikan anggaran pembinaan olahraga untuk KONI di daerahnya.

Padahal, kata dia UU No 3 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional, menegaskan bahwa pemerintah wajib mendukung pembinaan olahraga.

John didampingi Wakil Ketua I Agung Sunarno, Wakil Ketua II Sakiruddin dan Sekum Chairul Azmi Hutasuhut mengharapkan Bupati dan Walikota di Sumut mendukung pelaksanaan Porwilsu yang kota kabupaten masing-masing. Apalagi gawaian kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian persiapan Sumut menghadapi PON XX/2020 di Papua.(LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top