Home / Medan / Medan Raih Penghargaan Kota Terbaik Pengembangan UKM

Medan Raih Penghargaan Kota Terbaik Pengembangan UKM

President of Indonesia Council for Small Business (ICSB) Hermawan Kartajaya (kiri) menyerahkan penghargaan Natamukti Nindya 2017 kepada Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kanan), di Jakarta, Selasa (28/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 28/11 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Medan kembali mengukir prestasi dengan meraih penghargaan Natamukti Nindya sebagai kota dengan perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM) terbaik se-Indonesia menurut penilaian Indonesia Council for Small Business (ICSB) dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Siaran pers Humas Setda Kota Medan, menyebutkan, penghargaan itu diserahkan langsung kepada Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin di Kantor Kementerian Koperasi dan UMKM Jakarta, Selasa (28/11) malam.

Acara penyerahan penghargaan itu turut dihadiri, antara lain Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indoneia Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan President of ICSB Indoenesia Hermawan Kartajaya.

Dzulmi Eldin mengatakan, Pemko Medan diberi pengharagaan karena dinilai berhasil mendorong keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan menciptakan ekosistemnya dengan sangat baik.

Keberhasilan itu, lanjutnya, tidak lepas dari kerja keras seluruh jajaran Pemko Medan dan seluruh elemen masyarakat, termasuk organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait secara langsung dengan program pengembangan UMKM.

“Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus mengembangkan UMKM. Jika UMKM maju, tentunya perekonomian di Kota Medan akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Walikota juga berharap sinergitas yang telah berjalan baik antara jajaran instansi terkait di lingkungan Pemko Medan dengan para pelaku UMKM perlu terus dipertahankan.

Pemko Medan melalui Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian Kota Medan serta Dinas Perdagangan siap mendukung agar UMKM di Kota Medan semakin maju dan berkembang.

“Selain membantu permodalan, kami juga rutin memberikan pelatihan serta membantu mempromosikan produk yang dihasilkan dengan melibatkan para pelaku UMKM,” tuturnya.

Sementara itu, President of Asian Council for Small Bussines Hermawan Kertajaya menyampaikan, perkembangan UMKM di Indonesia terus menunjukkan grafis yang menanjak di kalangan masyarakat. Hal ini tak lepas dari dukungan pemerintah serta para pemangku kebijakan.

“Dengan semakin berkembangnya UMKM, akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia serta memiliki daya saing,” ujarnya.

Penghargaan Natamukti dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, Natamukti Satria yang diberikan kepada kota atau kabupaten yang berhasil mempromosikan kearifan lokal dan menciptakan investasi UMKM.

Kedua, Natamukti Reswara sebagai penghargaan yang diberikan kepada kota atau kabupaten yang mendukung daya saing produk UMKM. Ketiga, Natamukti Pranata sebagai penghargaan yang diberikan kepada kota atau kabupaten yang berhasil menciptakan ekosistem UMKM. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top