Home / Bisnis / Pemko Medan Dorong UKM Gencarkan Transaksi Digital

Pemko Medan Dorong UKM Gencarkan Transaksi Digital

Foto: Ilustrasi

Medan, 8/11 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) segera masuk ke sistem ekonomi digital untuk memperluas akses pasar serta meningkatkan keuntungan.

“Selain biayanya relatif sangat murah, jangkauan sistem ekonomi digital ini pun sangat luas,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan, Emilia Lubis pada acara pembukaan Lazada UKM GO-Online Roadshow , di Balai Kota Medan, Rabu (8/11).

Dalam acara yang dihadiri sejumlah pelaku UKM dari berbagai penjuru Kota Medan itu, ia menjelaskan, penerapan digitalisasi ekonomi dimaksudkan agar UKM di Indonesia tidak ketinggalan dan tergilas dalam peta persaingan usaha.

Di era digital seperti saat ini, menurut Emilia, hampir semua informasi dan ilmu yang dibutuhkan untuk membuka usaha baru bisa dicari melalui internet.

Kemudahan yang ditawarkan teknologi digital diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelaku UKM di Medan.

Terkait dengan hal itu, Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan sengaja menggandeng perusahaan yang bergerak di bidang jaringan retail online LAZADA untuk ikut memberikan edukasi dan pelatihan mengenai dunia bisnis di sektor digital secara lengkap, serta mempersiapkan kebutuhan para pelaku UKM untuk bertahan dan terus tumbuh.

Melalui pelatihan tersebut, pihaknya menyatakan optimistis pelaku UKM di Medan semakin terampil memanfaatkan teknologi pemasaran online, agar menjadi lebih efektif dan maksimal.

Karena itu, Pemko Medan mengajak seluruh pelaku UKM beralih dari sistem manual menjadi sistem digital dalam memasarkan produknya.

Sementara itu, menurut staf dari Kemenkominfo, Herlando, tahun 2020 seluruh pelaku UKM di Indonesia hampir dapat dipastikan sudah menggunakan sistem digital, baik dalam memasarkan produk maupun melakukan transaksi jual beli.

“Target kita, tahun 2020 seluruh pelaku UKM sudah menggunakan sistem digital. Dengan demikian UKM benar-benar menjadi penopang perekonomian di Indoesia,” ujarnya.

Di era digital seperti saat ini, katanya, hampir semua informasi dan ilmu yang dibutuhkan untuk membuka usaha baru bisa dicari melalui internet. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top