Home / Medan / Walikota Medan Minta PPID Aktif Berikan Informasi

Walikota Medan Minta PPID Aktif Berikan Informasi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Medan Zain Noval (kiri) menyampaikan sambutan pada pembukaan kegiatan Pembinaan dan Operasionalisasi PPID Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se jajaran Pemko Medan, di Hotel Grand Kanaya Medan, Kamis (30/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 30/11 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin meminta seluruh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di masing-masing organisasi perangkat daerah aktif menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai pembangunan daerah.

“Saya minta kepada seluruh PPID di SKPD aktif memberikan informasi pembangunan daerah kepada masyarakat sebagai bentuk sistem keterbukaan,” katanya, saat membuka kegiatan Pembinaan dan Operasionalisasi PPID Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se jajaran Pemko Medan, di Hotel Grand Kanaya Medan, Kamis (30/11).

Waliko dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Medan, Zain Noval, menjelaskan, informasi yang disampaikan oleh PPID dapat melalui media elektronik maupun media cetak bahkan dapat langsung kepada masyarakat yang dituju.

Informasi di badan publik, menurut dia, adalah milik publik dan bukan milik pemerintah atau badan publik.

Karena itu, kata Walikota, masyarakat juga mempunyai hak yang sama untuk menyampaikan informasi kepada pemerintah.

“Kesempatan memperoleh informasi merupakan hak asasi setiap manusia,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri Sekretaris Dinas Kominfo Mansursyah, S.Sos, MAP dan diikuti ratusan peserta dari perwakilan kelurahan, kecamatan, dan OPD jajaran Pemko itu, Walikota mengatakan, informasi juga merupakan kebutuhan setiap manusia untuk proses pengembangan diri dan kehidupan sosial.

Informasi yang valid, lanjutnya, juga sangat penting untuk ketahanan nasional suatu bangsa.

“Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting bangsa demokratis,” ucapnya.

Walikota menyatakan, terbitnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) merupakan pintu gerbang menuju sistem pemerintahan yang baik.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kota Medan, Zain Noval, mengemukakan bahwa saat ini seluruh OPD di jajaran Pemko Medan sudah memiliki PPID, hanya saja belum berjalan dengan maksimal.

“Awal Januari 2018 ini diharapkan semua PPID di jajaran Pemko agar berjalan dengan maksimal,” katanya.

Sebelumnya, ketua pantia pelaksana Pembinaan dan Operasionalisasi PPID OPD, Hendra Syahputra Lubis, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar jajaran Pemko Medan mengimplementasikan UU No. 14 Tahun 2008.

Sasaran lain dari pelaksanaan kegiatan itu, yakni membangun mekanisme di badan publik untuk mengelola dan menyediakan informasi publik dengan membentuk pusat-pusat layanan informasi di masing-masing lembaga badan publik serta penetapan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi.

Kegiatan itu menghadirkan narasumber, yakni anggota Komisioner KIP Sumut Robinson Simbolon dan Ketua Ombudsman Sumut Abyadi Siregar. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top