Home / Medan / BPBD Sumut Ajak Pers Perkuat Sinergitas

BPBD Sumut Ajak Pers Perkuat Sinergitas

Medan, 12/12 (LintasMedan) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara mengajak insan pers di provinsi itu memperkuat sinergitas dan koordinasi dalam pemberitaan tentang kebencanaan.

“Kesamaan persepsi antara BPBD (Sumut) dengan media massa sangat diperlukan agar tidak terjadi simpang siur dalam pemberitaan tentang kebencanaan,” kata Sekretaris BPBD Sumut, Saberina Mars pada acara Pelatihan Wartawan Seksi Sosial dan Bencana dengan tema Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Medan, Selasa.

Diakuinya, peranan pers dalam menyampaikan pemberitaan positif dan edukatif kepada masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko bencana.

Tanpa didukung peranan media massa, lanjutnya, informasi kebencanaan yang dikeluarkan BPBD akan lama, bahkan lambat penyampaian ke masyarakat.

Menurut Saberina, BPBD Sumut selalu terbuka mengenai informasi kebencanaan dan berharap media massa dapat menyampaikan pemberitaan yang dapat mengedukasi masyarakat.

Jika belum dapat menyampaikan data yang dibutuhkan media massa, hal itu lebih disebabkan belum mendapatkan informasi yang akurat.

Karena itu, pihaknya berharap media massa dapat memahami jika BPBD belum dapat menyampaikan data yang dibutuhkan.

Pers,ata dia, juga memiliki peranan yang sangat penting guna menyampaikan informasi sekaligus mengdukasi masyarakat, guna mengetahui langkah yang diperlukan dalam mengurangi resiko bencana.

“Pemberitaan yang positif mengenai kebencanaan perlu lebih dikedepankan, sehinggga masyarakat merasa ada kehadiran negara dalam bencana yang terjadi,” ujarnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top