Home / Peristiwa / Gunung Sinabung Kembali Semburkan Abu Vulkanik

Gunung Sinabung Kembali Semburkan Abu Vulkanik

Ilustrasi – Abu vulkanik menyembur dari kawah Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumut. (Foto: LintasMedan/dok)

Karo, 8/12 (LintasMedan) – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali terlihat menyemburkan abu vulkanik pada Jumat.

Informasi yang dihimpun lintasmedan.com, semburan abu vulkanik tersebut dilaporkan terlihat mengarah ke Selatan dan Barat Daya yang disertai gempa bumi.

“Erupsi terjadi sekitar pukul 14.57 WIB dengan tinggi kolom sekitar tiga kilometer,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa memakai masker bila terjadi erupsi. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menjauhi zona merah.

Gunung Sinabung sejak ditetapkan status awas pada 24 November 2013, hingga saat ini masih sering menyemburkan abu vulkanik.

Penetapan status gunung berapi menjadi Awas menandakan bahwa aktivitas gunung berapi meningkat dan letusan yang bisa menimbulkan bencana berpotensi terjadi dalam 24 jam.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) hingga kini masih memberlakukan zona merah di kawasan Gunung Sinabung yang radiusnya disesuaikan dengan jangkauan awan panas.

Untuk sektor selatan tenggara, zona merah tersebut diberlakukan dalam radius 7 km dan sektor tenggara timur dengan radius 6 km.

Sedangkan untuk timur utara, zona merahnya diberlakukan dengan jarakn 4 km.(LMC-06)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top