Home / Sumut / Kepala Desa di Sumut Dapat Motor Operasional

Kepala Desa di Sumut Dapat Motor Operasional

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi foto bersama para kepala desa,  seusai menyarahkan secara simbolis bantuan 1.200 unit sepeda motor dinas, di Kota Pinang, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Minggu (24/12). (Foto: LintasMedan/ist)

Kota Pinang, 24/12 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi menyerahkan bantuan hibah sebanyak 1.200 unit kendaraan sepeda motor operasional kepada sejumlah kabupaten yang selanjutnya disalurkan kepada masing-masing kepala desa, Babinsa dan Babinkambtimas di wilayah setempat.

“Saya berharap dengan adanya kendaraan, para kepala desa akan lebih semangat untuk meningkatkan kinerjanya masing-masing,” kata Erry Nuradi saat menyerahkan secara simbolis bantuan sepeda motor tersebut, di sela acara penutupan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sumut tahun 2017, di Kota Pinang, Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel), Minggu.

Ia mengatakan, bantuan motor dinas itu dimaksudkan untuk bisa meningkatkan kualitas Pemerintah Desa sehingga pelayanan pada masyarakat semakin meningkat.

Pemerintahan desa, lanjut Gubernur, merupakan basis terdepan dalam pembangunan, dimana infrastruktur pembangunan yang dilaksanakan pada dasarnya bermuara di pedesaan, dan suksesnya pembangunan di desa berarti suksesnya pembangunan secara keseluruhan.

“Sangat mustahil suatu desa dapat maju dan berkembang tanpa dikelola dengan baik,” ujarnya.

Karena itu, menurut dia, mutlak diperlukan peningkatan kapasitas bagi para aparatur desa maupun aparatur sipil negara (ASN) itu sendiri.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, kata Erry, akan terus berupaya melakulan peningkatan kapasitas terhadap ASN dan juga aparatur desa dengan sejumlah kegiatan seperti melakukan sosialisasi Undang-Undang teng Desa, serta pemahaman pembuatan laporan anggaran melalui bintek maupun workshop.

“Saya yakin kepala desa, apalagi ada wadah APDESI akan terus meningkatkan kapasitas untuk memahami aturan. Saya juga berharap Kepala Desa mulai memanfaatkan teknologi informasi seperti membuat profil desa, sehingga informasi mengenai suatu desa dengan mudah diakses,” ujar Gubernur.

Dengan inovasi teknologi, dia menyatakan optimistis desa-desa di Sumut akan dapat mengelola sumber daya yang ada di desanya, sehingga warga bisa merasa aman, nyaman, sejahtera dan berkelanjutan.

Dikatakan Erry, sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo membangun Indonesia dari pinggiran tentunya memulai pembangunan dari desa untuk mewujudkan Indonesia Hebat dan Sumatera Utara semakin Paten.

Dalam kesempatan itu, Erry menyampaikan rasa syukurnya karena bisa bersilaturahmi bersama aparatur desa dari Kabupaten Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Tapteng, Madina dan juga pengurus Tim Penggerak PKK setempat.

Acara penutupan Rakerda APDESI Sumut 2017 turut dihadiri, antara lain Bupati Labuhanbatu Selatan Wildan Aswan Tanjung, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumut Aspan Sopian Batubara, Ketua APDESI Sumut Zainul Akhyar, Sekdakab Labusel Zulkifli, dan sejumlah Pimpinan SKPD Pemprov Sumut serta sejumlah kepala desa. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top