Home / Politik / KPU Ajak Perempuan Sukseskan Pilkada Sumut 2018

KPU Ajak Perempuan Sukseskan Pilkada Sumut 2018

Gunung Sitoli, 9/12 (LintasMedan) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengajak kaum perempuan untuk berpartisipasi aktif dalam rangka mensukseskan berbagai kegiatan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018.

“Kami berharap agar seluruh masyarakat cerdas dalam memilih calon pemimpin daerah dan tidak menjual suara dalam pemilu,” kata Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea pada acara sosialiasasi pendidikan pemilih untuk perempuan, di Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Sabtu (9/12).

Dalam acara bertajuk Pendidikan Pemilih Berbasis Pemilih Perempuan itu, ia menegaskan bahwa partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 sangat dibutuhkan dalam menggerakan roda demokrasi.

Partisipasi masyarakat dalam pemilu sangat menentukan arah dan nasib pembangunan lima tahun kedepan, untuk itu masyarakat harus memilih kepala daerah dan wakilnya yang berkualitas.

Sebab, menurut dia, pemilu tanpa dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat demokrasi akan kehilangan roh.

“Kesuksesan pemilu itu juga tergantung dari partisipasi masyarakat yang memilih,” ujar Mulia.

Sementara itu, Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting dalam acara sosialisasi itu, memaparkan bahwa perempuan berperan penting untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu.

“Selain memiliki hak suara saat pemilu, perempuan juga berhak untuk masuk dan bergelut di ranah politik,” tuturnya.

Ia mengemukakan, pentingnya kaum perempuan memasuki kancah politik dimaksudkan agar aspirasi perempuan tersampaikan dengan baik.

Keterwakilan kaum perempuan di lembaga legislatif maupun eksekutif, menurut dia, akan memberi ruang dan kesempatan yang lebih luas dalam hal mempromosikan dan memprioritaskan isu-isu kepentingan perempuan baik dari segi keadilan sosial maupun pendidikan, dan ekonomi.

Karena itu, Evi berharap, ke depan kaum perempuan di Indonesia khususnya di Sumut dapat terus meningkatkan partisipasi di dunia politik.

Selain di dunia politik, katanya, kaum perempuan juga perlu ikut berperan aktif sebagai agen pendidikan pemilih melalui kegiatan arisan, Program Pemberdayaan Keluaraga (PKK) dan wadah lainnya.

Khusus dalam menghadapi Pilkada Sumut 2017, ia mengimbau warga yang mempunyai hak suara, termasuk pemilih pemula agar dapat menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi rakyat lima tahunan tersebut dengan cerdas.

“Kita harus menghargai hak pilih kita seperti kita menghargai diri sendiri. Jangan mau menjual suara kita pada orang lain. Satu suara kita akan menentukan keberlangsungan daerah kita lima tahun ke depan,” ujar Evi.

Seperti diketahui, daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak di Sumut tahun 2018, yakni Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Tapanuli Utara, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Dairi, Batu Bara, Kota Padangsidempuan serta Sumut untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top