Home / Medan / Pemko Medan Terus Kembangkan Konsep ‘Smart City’

Pemko Medan Terus Kembangkan Konsep ‘Smart City’

Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval membacakan kata sambutan walikota Medan pada acara pembukaan kelompok diskusi terfokus atau Focus Group Discussion/FGD, di Medan, Jumat (8/12). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 8/12 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan terus mengembangkan konsep `Smart City` atau Kota Pintar berbasis teknologi informasi guna mengoptimalkan kinerja pelayanan publik, salah satunya melalui pemanfaatan e-Government.

“Konsep ini bertujuan mendukung setiap aktivitas Pemerintah Kota Medan dalam hal mengoptimalkan kinerja pelayanan publik, antara lain di bidang kesehatan, pendidikan dan administrasi kependudukan,” Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin pada acara pembukaan kelompok diskusi terfokus atau Focus Group Discussion/FGD, di Medan, Jumat (8/12).

Walikota dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval, menekankan bahwa penerapan konsep ‘Smart City’ akan lebih mempermudah segala urusan dengan dukungan konektivitas tinggi dari pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK).

Sejalan dengan upaya itu, pihaknya akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat agar mendapatkan kemudahan dalam mengakses suatu informasi.

Di era globalisasi dewasa ini, lanjutnya, segala kebutuhan pelayanan dan informasi dengan mudah dicari di dunia maya, maka dari itu dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui kebijakan pemerintah dan progam lainnya.

Untuk itu, ia meminta setiap organisasi perangkat daerah (OPD) hingga kelurahan memiliki acuan dan inovasi demi terwujudnya Kota Medan sebagai kota pintar.

Pemko Medan, katanya, akan terus menyempurnakan sistem teknologi informasi agar terhubung keseluruh instansi mulai dari OPD hingga kelurahan.

“Saya berharap melalui FGD ini, kita dapat saling memberikan saran dan masukan demi terwujudnya Medan sebagai kota pintar agar pelayanan terhadap masyarakat dapat lebih cepat dan akurat,” tuturnya.

Sebelumnya, ketua panitia FGD, Mansyursyah menjelaskan dalam kegiatan tersebut para peserta akan mengumpulkan dan menganalisa data-data terkait dengan pengembangan ‘Smart City’.

FGD yang mengusung tema Medan Menuju Smart City 2017 itu menghadirkan narasumber, antara lain dosen Universitas Sumatera Utara (USU) Ikhsan Siregar, ST, M.Eng, dan Muhammat Anggiat Muchtar,ST, MMIT. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top