Home / Sports / Sudah 23 Provinsi Dukung Aceh-Sumut Tuan Rumah PON

Sudah 23 Provinsi Dukung Aceh-Sumut Tuan Rumah PON

Pengurus KONI Povinsi Sulawesi Barat (Sulbar) foto bersama rombongan pengurus KONI Aceh dan Sumatera Utara (Sumut), di Mamuju, Sulbar, Jumat (15/12). KONI Sulbar menyatakan  mendukung  Aceh-Sumut menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024. (Foto: LintasMedan/ist)

Sulawesi Barat, 15/12 (LintasMedan) – Keinginan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) untuk menjadi tuan rumah bersama penyelenggara Pekan Olah Raga Nasional (PON) XXI tahun 2024 telah mendapat dukungan secara resmi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dari 23 provinsi.

Keterangan yang dihimpun dari pengurus KONI Sumut, menyebutkan, dukungan terbaru terhadap Aceh-Sumut untuk tuan rumah bersama PON XXI datang dari KONI Sulawesi Barat (Sulbar) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (15/12).

Bukti dukungan tertulis tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KONI Provinsi Sulbar, Hamid kepada rombongan pengurus KONI Aceh-Sumut yang dipimpin Ketua Harian KONI Aceh, Kamaluddin Abu Bakar dan Wakil Ketua I KONI Sumut, Agung Sunarno saat melakukan kunjungan ke KONI Sulbar, di Mamuju.

Sementara dukungan tertulis KONI DIY tertanggal 11 Desember 2017, telah diterima oleh pengurus KONI Aceh-Sumut yang dikirim melalui pos ke masing-masing sekretariat KONI setempat.

Selain KONI se Jawa dan Sulawesi, dukungan tertulis terhadap keinginan Aceh-Sumut menjadi tuan rumah PON juga telah disampaikan oleh KONI se Sumatera.

Wakil Ketua I KONI Sumut, Agung Sunarno, membenarkan keinginan Aceh-Sumut menjadi tuan rumah bersama PON XXI/2024 terus mendapat simpati dan dukungan dari KONI sejumlah provinsi di tanah air.

“Hingga saat ini sudah 23 provinsi mendukung Aceh-Sumut untuk menjadi tuan rumah PON XXI,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya masih akan terus berupaya menarik simpati sekaligus mengumpulkan surat dukungan dari KONI provinsi lain yang belum memberikan dukungan secara resmi melalui surat penyataan tertulis.

Ungkapan hampir senada juga disampaikan Ketua Harian KONI Aceh, Kamaluddin Abu Bakar.

“Alhamdulillah dukungan untuk Aceh-Sumut terus bertambah. Semoga sinyal positif ini menggambarkan hasil bidding PON yang dijadwalkan digelar pada Februari 2018 mendatang,” ujar dia.

Menurut dia, niat Aceh dan Sumut untuk menjadi tuan rumah bersama dilatarbelakangi keinginan mengembalikan ‘roh’ PON sekaligus dibarengi tekad bulat mengedepankan persatuan dan kesatuan serta menjunjung tinggi sportivitas.

Sebagaimana diketahui, Sumut setelah menjadi tuan rumah PON III tahun 1953, hingga saat ini belum pernah lagi mengelar PON. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top