Home / Bisnis / Walikota Medan Minta Usaha Besar Bantu Koperasi

Walikota Medan Minta Usaha Besar Bantu Koperasi

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kanan) mengamati salah satu produk kerajinan yang ditampilkan di salah satu stand pameran produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (13/12). Pameran tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional ke-70 Tingkat Kota Medan Tahun 2017. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 13/12 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin minta agar usaha besar terus menggandeng serta selalu bekerja sama untuk membantu memajukan usaha mikro, kecil menengah (UMKM) dan koperasi di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

“Kita juga mengharapkan dukungan dari perusahaan untuk ikut membantu memasarkan produk para penggiat koperasi maupun pelaku UMKM di Kota Medan melalui CSR (coorporate social responsibility),” katanya pada peringatan Hari Koperasi Nasional ke-70 Tingkat Kota Medan Tahun 2017, di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (13/12).

Melalui pola kemitraan yang saling menguntungkan tersebut, Walikota menyatakan optimistis perkembangan UMKM dan koperasi di Kota Medan akan tumbuh pesat dan produk yang dihasilkan akan mampu bersaing di pasar lokal, nasional dan bahkan mancanegara.

Menurut Eldin, upaya melakukan pemerataan perekonomian bukanlah hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah semata, melainkan tugas dan tangung jawab seluruh warga Kota Medan.

Pemko Medan melalui instansi terkait, katanya, juga akan terus melaksanakan program pemberdayaan koperasi dan UMKM, termasuk membina para pelaku di sektor dunia usaha tersebut untuk menyesuaikan selera pasar dalam menghasilkan produk sehingga lebih mudah dalam pemasaran.

Ia menambahkan, koperasi dan UMKM juga menjadi daya ungkit serta daya dorong pertumbuhan ekonomi di Medan, diluar berbagai modernisasi di sektor lainnya.

“Koperasi dan UMKM itu menjadi ‘soko guru’ ekonomi kerakyatan dan dari situlah perekonomian kita menjadi kuat,” kata Walikota.

Oleh karena itu, Walikota mengajak semua pihak beserta para pemangku kepentingan (stakeholders) untuk bersama-sama meluruskan kembali niat demi pertumbuhan ekonomi Kota Medan melalui kerja dalam berkoperasi.

Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-70 Tingkat Kota Medan Tahun 2017 mengusung tema, ‘Koperasi Kuat Menjamin Pemerataan Ekonomi Mewujudkan Keadilan Sosial’.

Peringatan Hari Koperasi tersebut berlangsung dalam suasana meriah dan diisi dengan pemberian penghargaan dan penyerahan bantuan permodalan kepada sejumlah wirausaha pemula.

Pada kesempatan itu, turut diserahkan bantuan peralatan dan hadiah bagi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) terbaik Kota Medan serta penyerahan sertifikat label halal bagi produk UMKM.

Rangkaian peringatan Hari Koperasi di Medan juga disemarakkan dengan kegiatan pameran yang menampilkan beragam jenis produk penggiat koperasi dan pelaku UMKM. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top