Home / Sports / Dispora Sumut Buka Seleksi Pelatih 11 Cabor Binaan PPLP

Dispora Sumut Buka Seleksi Pelatih 11 Cabor Binaan PPLP

Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian. (Foto:lintasmedan/ist)

Medan, 16/1 (LintasMedan) – Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Sumatera Utara (Disporasu) membuka pendaftaran seleksi pelatih profesional untuk diproyeksikan membina atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumut 2018. Pendaftaran dilakukan mulai 16-23 Januari.

Seleksi tahun ini dibuka bagi calon pelatih 11 cabang olahraga yang saat ini menjadi binaan PPLP Sumut. Diantaranya, atletik, renang, bola voli, sepakbola, pencak silat, gulat, karate, angkat besi, judo, taekwondo, dan Wushu Sanda. Seperti diketahui, terakhir kali Dispora Sumut melaksanakan seleksi pelatih pada tahun 2015.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, H Baharuddin Siagian SH MSi mengatakan, seleksi bertujuan untuk merekrut pelatih yang memiliki komitmen dan motivasi tinggi untuk menciptakan atlet PPLP berprestasi. Harapannya tentu bisa mendongkrak prestasi semua cabang olahraga binaan PPLP Sumut di even nasional.

“Kami menginginkan pelatih yang dipercaya membina atlet PPLP Sumut nantinya, benar – benar berkompeten dengan memiliki sertifikasi nasional. Selain itu, pelatih yang kita rekrut selain berkualitas, dia juga harus memiliki pengalaman melatih atlet yang pernah berhasil mencapai puncak prestasi di tingkat nasional maupun internasional,” ucap Baharuddin Siagian, Selasa, di kantor Dispora Sumut.

Lebih lanjut dikatakan Baharuddin, untuk seleksi tahun ini tetap akan dibuka untuk umum, termasuk pelatih yang selama ini telah mengabdi di PPLP Sumut. Tidak terkecuali bagi pelatih asing. Proses tersebut dilakukan untuk mendapatkan pelatih yang berkualitas. Tidak hanya berkualitas dalam hal pengalaman menjadi pelatih, namun juga memiliki program latihan yang sesuai dengan standart internasional.

“Kita mau banyak calon pelatih yang mendaftar, sehingga yang direkrut juga berkualitas. Baik dari pengcab dan pengprov cabang olahraga. Kita menginginkan para pelatih bisa menunjukkan program latihan yang sesuai dengan metode latihan nasional maupun internasional.” harap Baharuddin.

Sementara, Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Rudi Rinaldi didampingi Kasi Olahraga prestasi Johan Erik Purba menjelaskan, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi bagi pelatih yang ikut seleksi. Seperti membuat surat permohonan diatas materai dilengkapi dengan curiculum vitae, surat keterangan berbadan sehat dari dokter dan bebas narkoba dari rumah sakit.

“Kemudian siap melatih pagi dan sore hari, pendidikan minimal SLTA, menyediakan bahan presentase yang diserahkan saat pendaftaran, memiliki sertifikat kepelatihan nasional (khusus sepakbola lisensi C nasional), serta pas Poto ukuran 3×4 dan 4×6 masing – masing tiga lembar,” jelas Rudi.

Lebih lanjut dijelaskan Rudi, untuk pelaksanaan seleksi berlangsung mulai 24-26 Januari, dengan melalui beberapa tahapan seperti seleksi administrasi, presentase, dan psikotes. “Pada saat seleksi nanti kami akan melibatkan tim ahli dari UNIMED, KONI, dan psikolog. Kemudian hasil seleksi diumumkan pada 31 Januari.” ucap Rudi.

Bagi calon pelatih bisa langsung mendaftarkan diri ke Kantor Dispora Sumut, jalan Williem Iskandar No 9, Pancing. Pendaftaran dibuka pada jam kerja mulai pukul 08.00 – 16.00 wib. Adapun contact person yang bisa dikonfirmasi, 081361052888 (Waluyo), dan 081260335787 (Johan Erik Purba).(LMC/rel)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top