Home / Medan / DPRD Medan Janji Perjuangkan Anggaran Guru Honor

DPRD Medan Janji Perjuangkan Anggaran Guru Honor

Ilustrasi

Medan, 11/1 (LintasMedan) – Fraksi PKS DPRD Medan berjanji akan memperjuangkan penambahan anggaran untuk guru honor.

“Anggaran guru honor di Medan masih terbilang kecil, dewan berkomitmen untuk berupaya menambah anggaran itu sehingga kehidupan para guru ini bisa lebih sejahtera,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD Medan, pada acara Hari Aspirasi Fraksi PKS DPRD Kota Medan dengan tema “Sejahterakan Guru Honorer” di ruang Fraksi PKS, lantai 4 gedung DPRD Kota Medan, Kamis.

PKS, kata dia memiliki target bagaimana guru honorer itu bisa mendapatkan gaji sesuai upah minimum.

Acara itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Hasan Basri yang mengungkapkan jumlah guru honorer untuk tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 1729 orang yang mengajar di sekolah-sekolah negeri di Kota Medan.

Sementara anggaran honor untuk para guru non Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu di Kota Medan terbilang minim yakni sebesar Rp 15 milyar yang telah ditampung pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Dinas Pendidikan Kota Medan tahun anggaran 2018.

Dengan banyaknya jumlah guru honorer di Kota Medan dan masih minimnya anggaran yang ditampung di APBD Kota Medan tahun anggaran 2018, maka honor yang akan diterima oleh masing-masing guru itu jauh dari jumlah Upah Minimum Kota (UMK) Kota Medan.

“Dari total anggaran sebesar Rp 15 milyar itu, kalau dibagi rata untuk 1729 guru honorer di Medan, maka masing-masing mereka hanya akan menerima Rp 700 ribu per bulan. Jumlah itu masih sangat jauh dari UMK kita,” katanya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey