Home / Headline / Gubernur: Pertumbuhan Ekonomi Sumut 2017 Pesat

Gubernur: Pertumbuhan Ekonomi Sumut 2017 Pesat

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyampaikan kata sambutan pada acara pembukaan pertemuan tahunan Industri Jasa Keuangan Sumut Tahun 2018, di Medan, Selasa (30/1). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 30/1 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Tengku Erry Nuradi mengemukakan pertumbuhan ekonomi Sumut selama tahun 2017 meningkat pesat dan berada di atas rata-rata nasional, terutama di sektor pertanian, perikanan dan kelautan.

“Pertumbuhan ekonomi Sumut selama 2017 cukup baik dan positif. Ini tentunya menunjukkan bahwa geliat ekonomi kita cukup baik,” katanya, di sela acara pertemuan tahunan Industri Jasa Keuangan Sumut 2018, di Medan, Selasa.

Gubernur memaparkan, Sumut di sektor pertanian menempati posisi kedua terbesar dan untuk sektor perikanan serta kelautan masing-masing berada di peringkat ketujuh secara nasional.

Selain ketiga sektor tersebut, lanjutnya, pertumbuhan pasar modal di Provinsi Sumut juga mengalami perkembangan baik yang dilihat dari peningkatan jumlah investor yang membuka rekening efek.

Lebih lanjut Erry mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi yang baik bukan saja karena hanya dipicu oleh besarnya potensi ekonomi Sumut, tetapi juga karena kemampuan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat dalam menekan angka inflasi.

“Tingkat inflasi Sumut pada tahun 2017 mencapai 3,2 persen dari tahun sebelumnya di angka enam persen lebih,” ujarnya.

Diakuinya, kemajuan ekonomi Sumut selama 2017 masih berpeluang lebih baik jika dibarengi dengan teka dan komitmen semua pihak untuk membangun kerja sama yang baik, termasuk antara pelaku usaha industri jasa keuangan, pengusaha dan pemerintah.

Pemprov Sumut, kata Erry, juga terus berbenah termasuk dalam memberikan kemudahan perizinan kepada setiap investor yang ingin menanamkan modal di provinsi tersebut. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top