Home / Medan / Pemko Dukung Program PT Kawasan Industri Medan

Pemko Dukung Program PT Kawasan Industri Medan

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (ketiga kiri) saat menerima audiensi Direktur Utama PT. Kawasan Industri Medan (Persero) yang baru Trisilo Ari Setyawan (ketiga kanan), di D’ Heritage Grand Aston Hotel Medan, Selasa (23/1). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 23/1 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan siap memberikan dukungan terhadap program PT Kawasan Industri Medan (Persero) untuk mengembangkan sarana dan prasarana penunjang dalam upaya mewujudkan kawasan industri berwawasan lingkungan.

“Upaya pengembangan KIM (Kawasan Industri Medan) memang harus dilakukan terus menerus, sehingga KIM menjadi kawasan industri yang berwasan lingkungan,” kata Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin saat menerima audiensi Direktur Utama (Dirut) PT. Kawasan Industri Medan, Trisilo Ari Setyawan, di Medan, Selasa (23/1).

Ia menilai, KIM cukup strategis untuk mendorong pembangunan dan perekonomian di Indonesia, termasuk Sumatera Utara (Sumut) karena ikut berdampak pula pada peningkatan pendapatan ekonomi wilayah.

Selain itu, pengembangan kawasan industri tersebut turut berimplikasi pada bertambahnya lapangan kerja, sehingga pendapatan masyarakat juga akan meningkat.

Karena itu, Eldin menyambut baik program dan langkah strategis yang akan terus dikembangkan oleh PT Kawasan Industri Medan di bawah kepemimpinan Trisilo Ari Setyawan selaku dirut yang baru.

Pada kesempatan itu, Walikota berjanji akan mengarahkan setiap perusahaan industri baru di kawasan Jalan Yos Sudarso atau Jalan Medan-Belawan untuk beroperasi di KIM.

Untuk meningkatkan minat investor baru agar mendirikan usaha di KIM, kata Walikota, tentunya perlu dibarengi dengan penyediaan sarana dan prasarana bisnis secara optimal.

Sebelumnya, Dirut PT KIM Trisilo Ari Setyawan, menjelaskan bahwa pihaknya telah menyusun berbagai perencanaan pengembangan KIM agar kawasan industri tersebut semakin diminati para investor, baik domestik maupun asing.

Untuk jangka pendek, lanjutnya, PT KIM akan berkonsentrasi pada optimalisasi gudang dan depo kontainer.

Sejalan dengan itu, pihaknya juga akan melakukan perbaikan jaringan limbah dan air bersih serta penataan sarana infrastruktur jalan.

“Untuk itu kita membutuhkan dukungan dari Pemko Medan agar pengembangan ini berjalan dengan baik,” tuturnya.
Disebutkannya, di dalam KIM saat ini beroperasi sebanyak 496 perusahaan dan 32 di antaranya terdiri dari perusahaan asing.

“Kota Medan sebagai pintu gerbang Indonesia bagian Barat merupakan kesempatan besar bagi KIM untuk berkembang lebih pesat lagi,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, PT. Kawasan Industri Medan (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara dengan bidang usaha jasa pengelolaan Kawasan Industri.

Kawasan industri itu didirikan pada 7 Oktober 1988, dengan komposisi sahamnya terdiri dari Pemerintah RI (pusat), Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemerintah Kota Medan. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top