Home / Medan / Tiga Pasangan Kandidat Pilkada Sumut Tes Kesehatan

Tiga Pasangan Kandidat Pilkada Sumut Tes Kesehatan

Tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumut (dari kiri ke kanan) Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, JR Saragih-Ance Selian dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus foto bersama menjelang pemeriksaan kesehatan di RUSP H. Adam Malik Medan, Kamis (11/1 (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 11/1 (LintasMedan) – Tiga pasangan bakal calon atau kandidat gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut) yang akan berkompetisi dalam pilkada provinsi setempat mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H. Adam Malik Medan.

“Secara resmi sudah terdaftar tiga pasang calon, dan mulai hari ini sesuai jadwal mereka akan menjalani tes kesehatan,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut, Mulia Banurea, di Medan, Kamis.

Pasangan pertama yang mendaftar ke KPU Sumut adalah Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah yang diusung oleh Partai Gerindra, PKS, PAN, NasDem, Golkar dan Hanura, disusul Jopinus Ramli (JR) Saragih-Ance Selian (Partai Demokrat, PKB dan PKPI), serta Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (PDI Perjuangan dan PPP).

Ia menuturkan enam orang bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumut tersebut sudah tiba di rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum pukul 07.00 WIB.

Pemeriksaan atau tes kondisi kesehatan bagi bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, kata dia, merupakan hal penting karena menjadi salah satu sahnya persyaratan untuk bertarung pada Pilkada 2018.

KPU Sumut juga sudah melakukan kerja sama dengan RSUP H.Adam Malik Medan untuk pelaksanaan tahapan tes kesehatan.

“Penunjukan RSUP H Adam Malik Medan adalah otoritas dari tiga lembaga, yakni IDI Sumut, HIMPSI Sumut, Dan BNN Sumut,” ujarnya.

Pihaknya berharap kepada tim pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon gubernu dan wakil gubernur Sumut agar bekerja profesional, menjaga integritas dan independen.

Mulia menambahkan, KPU Sumut mulai 11 Januari hingga 16 Januari 2018 melakukan penelitian persyaratan calon setelah proses pendaftaran, sekaligus pada rentang waktu yang sama dilaksanakan pengumuman dokumen syarat dari pasangan calon untuk mendapat tanggapan masyarakat. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top