Home / Medan / DPRD : Pedestrian di Medan Tidak Sesuai Fungsi

DPRD : Pedestrian di Medan Tidak Sesuai Fungsi

Ilustrasi .(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 21/2 (LintasMedan) – Sekretaris Komis D DPRD Kota Medan, Salman Alfarisi, menilai sejumlah jalur pedestrian di wilayah ini banyak yang tidak sesuai fungsinya yakni untuk pejalan kaki.

Dia mengatakan sangat mengapresiasi Walikota Medan Dzulmi Eldin yang mengintruksikan Dinas Perhubungan Sumut untuk membersihkan jalur pedestrian dari lahan parkir.

“Fungsi jalur pedestrian adalah tempat untuk pejalan kaki. Jadi memang harus dikosongkan dari lahan parkir,” ujarnya, Rabu.

Salman berharap, agar Dishub mengindahkan arahan dari Walikota, agar fungsi pedestrian bisa dinikmati secara maksimal.

Selain itu, lanjut Salman, fungsi pendelegasian juru parkir berada dibawah naungan Dishub. Seharusnya, Dishub memberikan sanksi, dan bisa mencabut hak sebagai jukir, apabila tidak mengikuti peraturan.

“Apabila ada jukir ilegal, itu langsung ditindak secara pidana. Karena itu kan pungli, oknumnya bisa dipidanakan, ya Dishub bekerjasama dengan kepolisian. Kerjasama Dishub dengan Satlantas juga harus kuat,” katanya.

Politisi PKS ini juga meminta Pemko Medan memperluas jalur pedestrian, dan mempersempit ruang parkir.

Menurut Salman, jalur pedestrian konsep yang bagus. Sebab, hal tersebut merupakan kebutuhan masyarakat. Supaya, masyarakat dididik lebih mengutamakan gerak fisik, dan bisa mengurangi kemacetan, kalau masyarakat rajin jalan kaki.(LMC-02)

 

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top