Home / Medan / Fraksi PKS : Perlu Perwal Awasi Prroduk Halal di Pasar Tradisional

Fraksi PKS : Perlu Perwal Awasi Prroduk Halal di Pasar Tradisional

Jumadi (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 1/2 (LintasMedan) – Ketua Fraksi PKS DPRD Medan, Jumadi mengatakan Pemko Medan diminta segera membuat Perwal terkat prduk halal dan higienis di sejumlah pasar tradisional.

“Ada beberapa pasar yang menjadi sorotan terkait produk halal dan higienis. Di antaranya, Pasar Beruang Jalan Sumatera, Pasar Pagi Kampung Durian, dan Pasar Padang Bulan,” katanya, Kamis.

Dia berharap Pemko segera mengeluarkan Perwal, sebab lapisan masyarakat seperti di Kampung Durian, pernah menyampaikan keresahan terkait ini. “Hampir semua pasar perlu dijaga dan diawasi, tidak hanya halal tapi kehigienisan,”ujarnya.

Ketika Perwal sudah dikeluarkan Wali Kota, maka tupoksi akan berada di PD Pasar, untuk melakukan pengawasan, dan penertiban apabila ada hal yang di luar aturan.

Dalam proses penertiban, PD Pasar akan melakukan fungsi koordinasi dengan Satpol PP. Hal ini, dapat dilakukan apabila ada hal yang memang sudah melanggar aturan.

“Karena yang punya alat dan SDM, ada pada Satpol PP. Nah, PD Pasar hanya bisa mengarahkan dan mengingatkan, serta mengawasi. Sebab, penegakan ada pada Satpol PP,”katanya.

Ia mengimbau pedagang, agar melakukan azas kepatuhan. Sebab, pada dasarnya pedagang juga memikirkan bagaimana menyelamatkan para pedagang itu sendiri, agar tidak melanggar hukum. Bahkan, pedagang juga memiliki tanggung jawab moral untuk menjual produk yang higienis dan sehat untuk para konsumen.(LMC-02)

 

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top