Home / Headline / Medan Kebut Penyelesaian Renovasi Stadion Teladan

Medan Kebut Penyelesaian Renovasi Stadion Teladan

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin meninjau kondisi sejumlah sisi Stadion Teladan yang kini dalam tahap penyelsaian akhir renovasi, di Medan, Minggu (4/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 4/2 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui instansi terkait fokus mempercepat penyelesaian proyek renovasi Stadion Teladan yang akan direncanakan menjadi markas klub PSMS untuk pertandingan laga kandang Kompetisi Liga 1 Indonesia tahun 2018.

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin saat meninjau kembali perkembangan renovasi Stadion Teladan, Minggu (4/2), minta kepada pengelola proyek agar renovasi stadion tersebut bisa tuntas sebelum Liga 1 bergulir.

Selama berada di stadion tersebut, Eldin meninjau langsung progres pengerjaan di bagian lintasan, lapangan rumput, ruang wasit, toilet, tribun dan beberapa fasilitas lainnya.

“Saya minta pemeliharaan dan pergantian rumput dilakukan secepatnya dan sesuai standar yang telah ditetapkan,” kata Walikota kepada Kepala Dinas (Kadis) Kebersihan dan Pertamanan, Husni dan Kadis Pekerjaan Umum Kota Medan, Khairul Syahnan.

Eldin juga menginstruksikan kepada kedua bawahannya itu agar menyelesaikan satu persatu catatan yang diberikan Tim Verifikasi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) terhadap stadion berkapasitas 20.000 penonton itu.

Jika dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama lagi seluruh pengerjaan renovasi memasuki tahap penyelesaian akhir, ia berharap Tim Verifikasi PT LIB datang ke Medan untuk meninjau kembali perkembangan seluruh sarana dan fasilitas stadion yang dibangun tahun 1953 tersebut.

“Kita terus berupaya sekuat tenaga agar Stadion Teladan lolos verifikasi sehingga dapat dipergunakan PSMS saat pertandingan laga kandang Liga 1,” ujar Walikota.

Pada kesempatan itu, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Husni menjelaskan, pemeliharan dan pergantian rumput terus berjalan serta diikuti dengan penyisipan lapangan.

Permukaan sebagian lapangan yang sebelumnya oleh Tim Verifikasi PT LIB dinilai belum rata, kini telah ditimbun pasir dan dilanjutkan dengan penggilingan serta akan dilanjutkan dengan pemupukan.

“Dalam dua minggu, rumput akan tumbuh dengan baik serta dilakukan pemangkasan. Insya Allah masalah rumput lapangan tidak ada masalah,” paparnya.

Husni menambahkan, pihaknya juga telah merampungkan pemasangan lampu di seluruh tribun tertutup dan VIP.

Khusus lampu sorot untuk menerangi lapangan, ia mengakui masih ada 60 bola lampu yang tidak berfungsi, sehingga harus dipesan ke Jakarta dan dalam sepekan kedepan direncanakan juga sudah terpasang, sesuai standar yang ditetapkan Tim Verifikasi PT LIB.

Sebagaimana diinformasikan, Kompetisi Liga 1 2018 kemungkinan besar akan bergulir pada 3 Maret mendatang.

Setiap klub masih memiliki kesempatan untuk melakukan renovasi agar bisa merenovasi stadion atau mencari stadion alternatif agar tetap bisa berlaga di Liga 1.

Operator Liga 1, PT LIB belum lama ini sudah melakukan verifikasi stadion klub peserta liga tertinggi sepak bola Indonesia itu.

Berdasarkan catatatan verifikator, setidaknya ada tiga stadion yang dinilai belum layak, yakni
Stadion Teladan di Medan, Stadion Moc Soebroto di Magelang, dan Stadion Marora di Serui.

Direktur Opersiobal PT LIB, Tigoshalom Boboy menyebut ketiga stadion itu harus segera diperbaiki, atau klub penghuni stadion tersebut harus cari alternatif lain.

“Ada beberapa stadion yang kami anggap layak atau tidak dan kami sudah stempel. Kalaupun tidak layak kami masih memberikan waktu waktu renovasi,” ujar dia.

Meski demikian, katanya, pada saat stadion sudah dianggap layak silahkan didaftarkan kembali agar dapat dilakukan verifikasi ulang. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top