Home / Luar Negeri / Singapura Gelar Parade Chingay Semarakkan Imlek

Singapura Gelar Parade Chingay Semarakkan Imlek

Ilustrasi – Parade Chingay di Singapura. (Foto: LintasMedan/ist)

Singapura, 12/2 (LintasMedan) –  Singapura dalam rangka menyemarakkan tahun baru Imlek 2018 kembali menggelar festival tahunan yang sudah sangat populer di masyarakat lokal dan para wisatawan dari berbagai penjuru dunia, yakni Parade Chingay.

Bagi mereka yang masih asing dengan parade Chingay, ini adalah sebuah momen di mana Singapura menyatukan semua kebudayaan yang ada di negaranya, dan memamerkannya dalam sebuah parade meriah, seperti dikutip dari NET citizen journalist, Senin.

Indonesia sendiri sudah beberapa kali hadir lewat wakilnya untuk turut serta dalam parade tersebut.

Parade Chingay diselenggarakan sebagai penghormatan untuk ulang tahun pada dewa umat Tionghoa dan Dewi Welas Asih (Guanyin).

Untuk tahun 2018 ini, parade yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1973 tersebut kembali digelar tanggal 23 dan 24 Februari 2018 di F1 Pit Building.

Dengan tema “Cultural Funtasy,” perayaan Chingay Parade 2018 akan digelar lebih meriah dari sebelumnya, sembari tetap menjaga nilai-nilai tradisi dan budaya yang dimiliki oleh Singapura.

Pihak panitia penyelenggara memperkirakan ada sekitar 6.500 peserta, baik dari Singapura mau pun luar negeri, yang siap meramaikan Chingay Parade 2018.

Para penari terdiri dari orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari komunitas hobi, pebisnis, sampai olahragawan, semuanya bergabung untuk menyukseskan gelaran akbar ini.

Rute parade akan diperpanjang dari 720 meter menjadi 1,5 kilometer, dimulai dari F1 Pit Building sampai Marina Floating Stage, di mana untuk pertama kalinya Chingay Parade menyatu dengan Sungai Hongbao.

Warna merah
Menjelang Imlek 2018, warna merah menyala mulai mendominasi jejeran kios di sepanjang chinatown di Singapura, Minggu (11/2).

Tidak hanya itu, di kawasan ini juga pengunjung baik turis maupun warga lokal bisa menemukan pernak-pernik untuk menyambut perayaan Imlek 2569.

Dekorasi yang khas dan bangunan lama di chinatown kian melengkapi kemeriahan menyambut tahun anjing tanah yang jatuh pada 16 februari mendatang.

Berbagai pertunjukkan langsung dan penghitungan mundur memasuki tahun baru juga akan dilangsungkan di kawasan ini.

Sementara itu, Pemerintah Singapura juga mempercantik angkutan massalnya. Sebanyak dua kereta telah dihias dengan dekorasi bernuansa Imlek.

Otoritas Transportasi Darat Singapura (LTA) menyebutkan, kereta bertema khusus itu tersedia di ruas Timur Laut (NE) dan Utara-Tenggara-Barat (NSW).

Dekorasi meriah dengan motif bunga dan angpau melambangkan simbol kemakmuran dan keberuntungan di tahun shio anjing ini.

Adapun dekorasi Imlek di angkutan massal Singapura tersebut akan terpasang hingga 2 Maret mendatang.  (LMC-05/NCJ) 

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top