Home / Medan / Walikota Medan Dukung Pesta Bona Taon 2018

Walikota Medan Dukung Pesta Bona Taon 2018

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kelima kiri) saat menerima audiensi panitia Pesta Bona Taon 2018 dan pengurus Pungutan Raja Panjaitan Dohot Boruna (PRPB) Kota Medan, di Balai Kota Medan, Jumat (9/2). (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 9/2 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin menyatakan pihaknya mendukung rencana penyelenggaraan Pesta Bona Taon 2018 yang direncanakan digelar di Tiara Convention Center Medan pada 18 Februari.

Dukungan tersebut disampaikan Walikota saat menerima audiensi dan silaturrahmi dengan panitia dan pengurus Pungutan Raja Panjaitan Dohot Boruna (PRPB) Kota Medan, di Balai Kota Medan, Jumat (9/2).

“Kami mendukung, ini bagus sekali, budaya ya memang harus dilestarikan jangan sampai hilang,” ujar Dzulmi Eldin.

Pada kesempatan itu, ketua panitia Pesta Bona Taon 2018, Herbet Panjaitan berharap Walikota dapat hadir dalam acara tersebut, sebab diperkirakan acara terseut akan dihadiri ribuan orang yang tergabung dalam PRPB.

“Acara Pesta Bona Taon 2018 diperkirakan dihadiri ribuan orang. Kami juga berharap Walikota Medan dapat hadir,” juga,” ujarnya didampingi Suryadi Panjaitan yang juga Direktur Utama Rumah Sakit Dr Pirngadi Medan.

Sebagaimana diinformasikan, Pesta Bona Taon merupakan salah satu tradisi adat masyarakat Suku Batak.

Bona Taon merupakan pengadopsian tradisi Mangase Taon hanya saja Bona Taon tidak mengandung ritual dan mistis, melainkan sebagai ungkapan rasa syukur pergantian tahun dan untuk memperkuat kelompok marga.

Pada acara itu akan digelar berbagai tradisi adat Batak, seperti rapat marga yang dihadiri boru dan bere atau garis perempuan dan keturunan yang mengemban marga suami hingga melakukan manortor. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top