Home / Medan / Alumni SMAN 1 Medan Berbagi Bersama Kaum Dhuafa

Alumni SMAN 1 Medan Berbagi Bersama Kaum Dhuafa

Anggota DPRD Sumut yang juga anggota Smansa Medan Muslim Community (SMMC) Nezar Djoeli (kiri) menyerahkan secara simbolis kartu ATM beras kepada salah seorang kaum dhuafa, di pelataran Masjid Al Jihad Medan, Jumat (9/3). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 10/3 (LintasMedan) – Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Medan yang tergabung dalam Smansa Medan Muslim Community (SMMC) menggelar program berbagi bersama kaum dhuafa sekaligus pengoperasian perdana mesin sejenis anjungan tunai mandiri (ATM) berbentuk beras.

Penyerahan bantuan kepada puluhan umat muslim dari masyarakat kurang mampu tersebut dipusatkan di Masjid Al Jihad Jalan Abdullah Lubis dan Masjid Al Musabbihin komplek perumahan Tasbi Medan, Jumat.

“Bantuan bahan pokok berupa beras ini sebagai wujud kepedulian kami kepada kaum dhuafa dan masyarakat yang kurang mampu. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara kita kaum dhuafa di Kota Medan,” kata Koordinator Tim Pengelola ATM Beras SMMC, Shamir Hasyim Syarif.

Menurut alumni SMAN 1 tahun 1988 itu, paket bantuan yang diberikan memang tidak seberapa jika dilihat dari nilainya, tetapi pihaknya berharap kepedulian ini bisa membantu kaum dhuafa memenuhi kebutuhan pokoknya.

Setiap kaum dhuafa calon penerima bantuan tersebut oleh SMMC diberikan kartu ATM beras yang cara penggunaannya cukup dengan menyentuhkan kartu ke mesin dan akan keluar beras dari bagian bawah, tanpa perlu menekan nomor pin.

ATM Beras ini adalah perangkat yang bisa mengeluarkan beras dalam jumlah tertentu secara otomatis.

Shamir menambahkan, mesin ATM beras di Masjid Al Jihad resmi beroperasi pada 9 Maret dan Masjid
Masjid Al Musabbihin pada 10 Maret 2018.

SMMC dalam menyalurkan ATM beras bagi kaum dhuafa berkoordinasi dengan masing-masing badan kenaziran kedua masjid tersebut dan tim teknis dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

“Pengadaan mesin ATM beras merupakan hasil kerja sama sekitar 1.500 anggota Smansa Medan Muslim Community,” ujarnya.

SMMC dengan program utamanya bertema “Kembali ke Tanah Deli”, kata dia, juga berkomitmen untuk terus menguatkan ukhuwah dan tali silaturrahmi sehingga mampu turut berkontribusi nyata meningkatkan syiar Islam dan pemberdayaan ummat muslim di Sumatera Utara (Sumut).

Sementara itu, anggota SMMC yang juga Ketua Komisi A DPRD Sumut, Nezar Djoeli, menjelaskan, pada tahap awal, jumlah penerima kartu ATM beras di Masjid Al Jihad sebanyak 30 kepala keluarga (KK) dan di Masjid Al Musabbihin Tasbi 28 KK. Setiap KK mendapat jatah beras 4 liter per minggu.

Pihaknya berencana akan menambah jumlah kaum dhuafa penerima ATM beras hingga sebanyak 500 KK.

“Tentunya ini sangat membutuhkan dukungan dari segenap kaum muslimin, baik mereka yang berdomisili di sekitar masjid maupun kalangan masyarakat yang mampu,” ucap dia.

Bagi warga yang ingin ikut membantu program ATM beras bagi kaum dhuafa, kata Nezar, dapat menyalurkan bantuan melalui rekening SMMC di Bank Syariah Mandiri (kode 451) dengan nomor rekening 7108682986 an.

Sedangkan untuk konfirmasi transfer dapat disampaikan ke alamat email SMMC, yaitu sedekah.beras@smmc.or.id.

Nezar berharap program SMMC berbagi bersama kaum dhuafa yang diwujudkan dengan menyalurkan kartu ATM beras dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top