Home / Medan / Camat Belawan Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Camat Belawan Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum Kecamatan Medan Belawan mengangkat sampah yang menutupi parit di Kelurahan Belawan II, Medan, Rabu (14/3). (Foto: LintasMedan/Humas)

Medan, 14/3 (LintasMedan) – Camat Medan Belawan, Ahmad mengingatkan warga yang bermukim di sekitar kawasan rawan banjir untuk tidak membuang sampah sembarangan di aliran air, seperti parit atau drainase.

“Saya minta masyarakat khususnya di kawasan rawan banjir agar tidak membuang sampah sembarangan di aliran air yang dapat mengakibatkan banjir,” katanya di sela mengawasi Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) melakukan pembersihan drainase di Lingkungan 43, Kelurahan Belawan II, Rabu (14/3).

Menurutnya, tumpukan sampah di aliran air selain menghambat arus air mengalir, juga dapat berakibat banjir di daerah itu.

“Buanglah sampah ditempat yang sudah disediakan, baik sampah organik maupun sampah anorganik,” ujarnya.

Dikatakan Ahmad, kondisi sebagian besar drainase di kawasan yang padat penduduk di Kecamatan Medan Belawan sangat memprihatinkan sehingga kerap menjadi langganan banjir ketika turun hujan.

“Drainase yang ada di sini (Lingkungan 43) sudah lama tidak dibersihkan. Lihat sajalah isi drainase semuanya sampah. Wajar jika kawasan ini menjadi langganan banjir. Untuk mengatasinya, pagi ini kita turunkan personil P3SU Kecamatan Medan Belawan untuk melakukan pembersihan,” ujarnya.

Pihaknya juga telah menginventarisir titik-titik drainase yang perlu dinormalisasi karena tidak berfungsi akibat penyumbatan dan sendimentasi yang cukup parah.

“Semua drainase yang telah diinventarisir akan segera dinormalisasi, terutama yang kondisinya cukup parah,” kata dia.

Untuk mendukung kelancaran normalisasi, pihaknya akan terus bersinergi dengan Dinas Pekerjaan Umum Pemko Medan, sebagaimana instruksi Walikota Medan H.T dzulmi Eldin.

“Dalam upaya menormalisasi drainase yang kondisinya sudah sangat parah, tentunya tidak mungkin dilakukan secara manual,” ucap dia. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top