Home / Medan / Dubes Turki Ajak Medan jadi “Sister City”

Dubes Turki Ajak Medan jadi “Sister City”

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kanan) menerima kunjungan Duta Besar Turki untuk Indonesia Sander Garbuz (kiri), di Balai Kota Medan, Senin (19/3). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 19/3 (LintasMedan) – Duta Besar Turki untuk Indonesia, Sander Garbuz menyampaikan keinginan untuk membangun kerja sama “sister city” dengan kota-kota di Indonesia, termasuk Medan.

Keinginan untuk kerja sama “sister city” itu disampaikan Dubes Turki kepada Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin saat melakukan kunjungan ke Balai Kota Medan, Senin (19/3).

“Kita ingin menjalin kerja sama “sister city” dengan Kota Medan. Salah satu kota di Turki yang kita tawarkan adalah Kota Mersin,” ujar Sander.

Ia menjelaskn, Mersin merupakan kota pelabuhan dan pusat industri yang memiliki luas wilayah sekitar 1.772 km2 dan terkenal dengan panorama alamnya yang sangat indah, sehingga menjadi salah satu destinasi andalan Turki untuk menggaet wisatawan.

Guna mengenal lebih jauh mengenai potensi sekaligus peluang yang bisa dikerjasamakan antara Kota Medan dengan Mersin, Dubes Turki mengundang Walikota Medan agar mengunjungi Mersin.

“Kami berharap rencana kerja sama ini akan dapat diwujudkan tidak dalam waktu lama,” kata dia.

Selain program sister city, Sander memastikan masih banyak peluang kerja sama di bidang lain yang dijajaki oleh Pemerintah Kota Medan dengan kalangan pelaku dunia usaha di Turki.

Sebab, menurutnya, Turki memiliki sejumlah perusahaan besar yang bergerak di berbagai bidang seperti Infrastruktur, pendidikan, jalan tol, bandara, pelabuhan pembangkit listri dan pariwista.

Disebutkannya, sektor pariwisata Turki saat ini menempati urutan ketujuh terbaik di dunia dan negara itu setiap dikunjungi wisatawan sekitar 35 juta orang.

Di sektor pendidikan, lanjutnya, saat ini ada sekitar 500 perguruan tinggi yang siap menjalin kerja sama dengan sejumlah negara.

“Pelajar dari Indonesia, termasuk Kota Medan dapat melanjutkan studi di Turki. Pemerintah Turki maupun sektor swasta siap memberikan bea siswa bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Turki,” ujar dia.

Karena itu, Sander menyatakan optimis jika program ‘kota kembar’ Medan-Mersin terealisasi, akan banyak peluang kerja sama yang bisa diwujudkan, termasuk mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi antara kedua kota.

Menanggapi tawaran kerja sama tersebut, Walikota Medan Dzulmi Eldin mengatakan, pihaknya menyambut baik tawaran Pemerintah Turki untuk membangun kerja sama “sister city” dengan Pemerintah Kota Mersin.

“Kami akan segera mempelajari bidang mana saja yang tepat untuk dikerjasamakan dengan Turki sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ucap Eldin.

Pertemuan yang berlangsung dalam suasana penuh keakraban itu diakhiri dengan tukar menukar cendera mata dan pemasangan tekuluk atau penutup kepala khas adat Melayu kepada Dubes Turki untuk Indonesia, Sander Garbuz. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top