Home / Headline / Dukungan Kabupaten/Kota Perbesar Peluang Sumut Tuan Rumah PON 2024

Dukungan Kabupaten/Kota Perbesar Peluang Sumut Tuan Rumah PON 2024

Tim Penilai dan Verifikasi tuan rumah PON 2024 KONI Pusat yang diketuai Surya Dharma (kedua kanan) didampingi Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis (kedua kiri) dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian (kiri), saat memberikan keterangan kepada pers di Medan, Kamis (8/3). (Foto: LintasMedan/Irma)

Medan, 8/3 (LintasMedan) – Tim Penilai dan Verifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI KONI Pusat, berpandangan dukungan kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh akan ikut memperbesar peluang kedua provinsi itu terpilih menjadi tuan rumah bersama PON Tahun 2024.

“Untuk memenangkan persaingan menjadi tuan rumah PON XXI, seluruh komponen baik itu KONI maupun pemerintah provinsi dan kabupaten/kota diharapkan merangkul seluruh potensi yang ada dengan komitmen dan kerja keras, serta dengan dilandasi semangat pengabdian yang tinggi untuk memenangkan bidding,” kata Ketua Ketua Tim Penilai dan Verifikasi Tuan Rumah PON 2024 KONI Pusat, Surya Dharma kepada pers di Medan, Kamis.

Surya Darma menyatakan hal itu usai bersama anggota Tim Penilai dan Verifikasi PON XXI KONI Pusat mengunjungi dan melihat langsung gelanggang yang akan menyelenggarakan cabang olahraga di Sumut.

Dari hasil kunjungan itu, menurut dia, Sumut mampu memenuhi sekitar 70 persen secara fisik gelanggang yang dibutuhkan.

Sumut secara fisik, lanjutnya, siap menjadi tuan rumah PON 2024, meski masih ada sejumlah sarana dan prasarana yang harus dibenahi lagi.

“Berdasarkan penilaian dan verifikasi kami, Sumut siap secara fisik menjadi tuan rumah PON 2024. Jumlah yang dipenuhi tersebut melebihi syarat minimal yakni 30 persen. Tinggal saja penyempurnaannya, sehingga memiliki standar internasional,” ujar Surya.

Disebutknnya, pendaftaran menjadi tuan rumah PON menurut AD/ART harus dilakukan tujuh tahun sebelum pelaksanaan dan satu tahun berikutnya diputuskan.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis kembali menegaskan bahwa Sumut siap menjadi tuan rumah perhelatan terakbar olahraga di Indonesia untuk tahun 2024.

“Semua syarat untuk ikut biding (pemilihan) tuan rumah PON juga sudah kita serahkan kepada tim penjaringan,” katanya didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Baharuddin Siagian.

Jika menjadi tuan rumah PON 2024, Sumut dan Aceh sepakat untuk mempertandingkan 56 cabang olahraga dengan rincian 28 cabang digelar di Aceh dan 28 cabang di Sumut.

Untuk memenuhi keinginan menjadi tuan rumah PON, kata John Ismadi, pihaknya sudah menyiapkan menyiapkan 28 venue cabang olahraga di enam kabupaten dan kota yakni Medan, Binjai, Langkat, Tebing Tinggi, Deli Serdang, dan Simalungun.

28 cabang
Sebanyak 28 cabang yang akan diverifikasi, yakni akuatik (renang dan renang indah), atletik, balap sepeda, bermotor, bola voli, bulutangkis, boling, futsal, gateball, hoki, senam, wushu (Unimed dan Sport Centre Jalan Willem Iskandar).

Kemudian Cricket (Stadion Pardede), drum band, pencak silat (komplek Stadion Baharoeddin Siregar), dan taekwondo (komplek Cemara Asri).

Selanjutnya polo air dan lompat indah di kolam renang Selayang, gate Ball, barongsai (USU), biliar (Pardede Hall), catur (Emerald Garden), karate (Gelanggang Remaja), dan petanque (STOK Binaguna).

Squash (Hotel Danau Toba), tinju (GOR Angkasapura Polonia), gulat (GOR Binjai), tenis meja (GOR Asber Nasution Tebing tinggi), jetski/IJBA serta jet ski Air (Parapat), dan kabaddi (GOR Langkat).

Sebagaimana diinformasikan, Provinsi Sumut dan Aceh secara resmi telah mendaftar sebagai calon tuan rumah bersama PON 2024 pada 29 November 2017.

Dalam upaya mewujudkan impian menjadi tuan rumah kejuaraan multi event terbesar di Tanah Air empat tahunan itu, kedua provinsi yang bertetangga itu cukup bersemangat untuk mendapatkan dukungan tertulis dari sejumlah KONI provinsi lain di Tanah Air menjadi tuan rumah kejuaraan multi event terbesar di Tanah Air empat tahunan itu.

Selain Sumut-Aceh, Provinsi Bali-Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Selatan juga menginginkan menjadi tuan rumah bersama PON XXI. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top