Home / Medan / Erry Nuradi jadi Anggota Kehormatan PWI

Erry Nuradi jadi Anggota Kehormatan PWI

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 7/3 (LintasMedan) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat akan menganugerahi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi menjadi anggota kehormatan karena dinilai memiliki kepedulian tinggi terhadap organisasi profesi wartawan tersebut.

Penghargaan tanda kehormatan PWI tersebut akan diserahkan pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 tingkat Provinsi Sumut di Lapangan Merdeka Medan, pada 25 Maret.

“Peran pak gubernur terhadap pers sangat tinggi, termasuk dalam mewujudkan renovasi gedung PWI Sumut melalui dana hibah serta memfasilitasi Sumut sehingga terpilih menjadi tuan rumah HPN tahun 2019,” kata Ketua PWI Sumut, Hermansyah seusai melaksanakan audiensi kepada Gubernur Sumut di Medan, Rabu.

Ia menjelaskan, anggota Kehormatan PWI merupakan status keanggotaan PWI yang memiliki legalitas dan legitimasi tinggi karena diatur secara tegas dan jelas di dalam Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga PWI.

“PWI tidak serta merta memberikan penghargaan tanda kehormatan anggota PWI, melainkan melalui mekanisme organisasi yang cukup ketat sehingga bisa dipertanggung jawabkan,” katanya.

Sebelumnya Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi saat menerima audiensi pengurus PWI Sumut, mengatakan, pemberian penghargaan ini sesuatu kehormatan bagi dirinya selaku kepala pemerintahan di provinsi tersebut.

Ia berharap rangkaian peringatan HPN 2018 yang akan digelar PWI Sumut hendaknya dapat dijadikan momentum kebangkitan pers di tengah tantangan cukup berat dihadapi pers saat ini.

PWI sebagai organisasi pers yang kompeten dan profesional perlu senantiasa meningkatkan kompetensi dan profesionalitas anggota sehingga karya jurnalistik yang dihasilkan insan pers benar-benar bisa mencerdaskan masyarakat.

Lebih lanjut Gubernur mengingatkan bahwa perkembangan pesat teknologi internet dewasa ini semakin memperketat persaingan antarsesama perusahaan pers.

Bagi media mainstream (cetak), menurut dia, tentunya dirasakan cukup berat menghadapi persaingan dengan media online yang relatif lebih cepat memberi informasi ke masyarakat.

“Begitupun, kualitas pemberitaan mesti dijaga secara konsisten sesuai Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik agar tidak bersentuhan dengan hukum,” ujarnya.

Sebagaimana diinformasikan, rangkaian peringatan HPN 2018 tingkat Provinsi Sumut akan diisi dengan berbagai kegiatan oleh PWI Sumut, antara lain seminar bertajuk Pilkada Damai, bakti sosial, pemeriksaan kesehatan gratis, jalan sehat dan peletakan batu pertama pembangunan masjid Rizal Nurdin di lahan perumahan PWI Sumut di Gang Tawon, Lau Dendang, Kabupaten Deli Serdang. (LMC-05)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top