Home / Sumut / Politisi PAN Dukung Pembukaan Sentra Peternakan Sapi di Labura.

Politisi PAN Dukung Pembukaan Sentra Peternakan Sapi di Labura.

Anggota DPRD Sumut dari Fraksi PAN, Aripay Tambunan saat berbincang dengan wartawan, Senin (5/3) di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan.(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 5/3 (LintasMedan) – Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Aripay Tambunan mendukung rencana pembukaan sentra peternakan sapi di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) dalam upaya memenuhi kebutuham daging segar di Sumut.

“Pembukaan sentra peternakan sapi di desa tersebut merupakan salah satu solusi kekurangan stok daging sapi di Sumut,” katanya kepada pers di Medan, Senin.

Untuk mempercepat realisasi rencana tersebut Aripay Tambunan telah mengagendakan kunjungan dalam rangka reses ke wilayah itu yang juga merupakan daerah pemilihannya.

Momentum reses tersebut akan dimanfaatkan untuk berbagi pengalaman dengan masyarakat di Desa Tanjung Pasir mengenai besarnya potensi wilayah itu untuk dikembangkan menjadi pusat peternakan sapi.

Sebab kata dia wilayah yang diproyeksikan untuk menjadi sentra peternakan sapi itu berada di kawasan perkebunan kelapa sawit.

“Daun kelapa sawit yang sudah tua ternyata juga baik dijadikan pakan ternak sapi. Sementara di wilayah itu tersebar jutaan hektar kebun sawit baik milik masyarakat, swasta maupun BUMN,” ujarnya.

Aripay berjanji akan menindaklanjuti rencana ini dengan instansi pemerintah terkait, di antaranya Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Sumut.

Jika rencana ini terealisasai ia memastikan usaha pengembangan sapi di Labuhanbatu Utara akan tumbuh dan berkembang pesat sehingga ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu yang selama ini pola pemeliharaannya nyaris belum tersentuh pembinaan secara maksimal dari instansi pemerintah terkait.

Dia juga mengatakan sentra peternakan sapi di desa ini nantinya juga bisa menjadi percontohan untuk daerah lain di wilayah Sumut.

Sebagaimana diinformasikan, kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut ini, kebutuhan sapi di Sumut mencapai 180 ribu ekor per tahun. Sementara, ketersediaan sapi di Sumut baru mencapai 120 ribu ekor per tahun. “Sisanya kita masih mengandalkan impor,” ujarnya.(LMC-02)

 

 

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top