Home / Medan / PU Medan Benahi Drainase Jalan Raya Menteng

PU Medan Benahi Drainase Jalan Raya Menteng

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution berdialog dengan beberapa orang warga di sela meninjau gorong-gorong dan drainase di kawasan Jalan Raya Menteng, Kecamatan Medan Denai, Selasa (20/3). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 20/3 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat, Selasa, membenahi saluran drainase yang tersumbat di sekitar Jalan Menteng Raya.

“Kita minta Dinas PU segera menjebol dinding yang selama ini membatasi drainase sebelah utara Jalan Raya Menteng,” kata Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution di sela meninjau lokasi drainase yang selama ini tersumbat di kawasan itu.

Melalui upaya tersebut, ia berharap aliran dari Sungai Sulang Saling bisa menembus drainase besar untuk selanjutnya menuju pembuangan ke Sungai Denai.

Menurut Akhyar, pembenahan drainase di Jalan Menteng Raya merupakan salah satu komitmen nyata dari Pemko Medan untuk mengatasi kawasan rawan banjir saat turun hujan.

Komitmen tersebut akan terus dibangun untuk membenahi seluruh sistem drainase guna meminimalisir kemungkinan terjadi banjir atau genangan air.

Sebagaimana diinformasikan, sebagian saluran drainase besar di sekitar Jalan Raya Menteng mendesak untuk dibenahi karena tidak berfungsi secara maksimal terutama pada saat turun hujan.

Kondisi tersebut menjadi faktor penyebab kawasan pemukiman penduduk di sekitarnya kerap menjadi langganan banjir, seperti Jalan Pelajar ujung, Jalan Rahayu dan Jalan Benteng.

Karena itu, Wakil Walikota Medan menginstruksikan Kadis Dinas PU Khairul Syahnan agar menerjunkan sejumlah petugas membongkar dinding beton yang menyumbat drainase besar tersebut.

Proses perbaikan saluran drainase itu disaksikan langsung oleh Akhyar didampingi Camat Medan Denai Hendra Asmila.

Beberapa unit alat berat serta belasan truk turut dioperasikan untuk mendukung menormalisasi drainase.

Sementara, petugas Dinas PU dan puluhan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) terlihat Kecamatan Medan Denai bahu-membahu membersihkan tumpukan sampah dari dalam drainase.

Upaya perbaikan saluran drainase tersebut mendapat apresasi dari sejumlah warga dan tokoh masyarakat setempat, termasuk anggota DPRD Kota Medan Sabar Syamsurya Sitepu.

“Saya mewakili warga setempat sangat mengapresiasi tindakan cepat tanggap dari Pemko Medan beserta jajarannya,” ujar Sabar.

Ia berharap upaya normalisasi drainase itu didukung oleh masyarakat setempat dengan tidak membuang sampah ke dalam drainase maupun gorong-gorong.

“Apapun hasil normalisasi maupun pembangunan yang telah dilakukan Pemko Medan akan menjadi sia-sia jika tidak didukung peran nyata dari masyarakat untuk merawatnya,” kata politisi Partai Golkar itu. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top