Home / Medan / Walikota Medan Resmikan Operasional KA Premium Sribilah

Walikota Medan Resmikan Operasional KA Premium Sribilah

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (ketiga kanan) meniup peluit sekaligus mengangkut rambu hijau sebagai tanda diresmikannya pengoperasian perdana kereta api (KA) premium Sribilah rute Medan-Rantauprapat, di Stasiun Besar KA Medan, Sabtu (24/3). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 24/3 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin meresmikan pengoperasian kereta api (KA) premium Sribilah rute Medan-Rantauprapat, di Stasiun Besar Kereta Api Medan, Sabtu.

Pengoperasian KA premium Sribilah diawali oleh Walikota Medan dengan penaburan bunga ke lokomotif dan dilanjutkan dengan mengangkat rambu hijau sebagai tanda untuk memberangkatkan kereta tersebut menuju Rantauprapat.

Selanjutnya, Walikota didampingi Vice President PT KAI (Persero) Divre I Sumut Rusi Haryono bersama sejumlah pejabat Pemko Medan mengikuti perjalanan perdana KA Sribilah premium menempuh rute Medan-Rantauprapat.

“Semoga KA Sribilah premium ini dapat menjadi pilihan terbaik dan penyelesaian masalah transportasi rute Medan-Rantauprapat bagi masyarakat, yang nyaman dengan harga relatif murah,” ucap Walikota.

Pengoperasian KA kelas premium tersebut, diakuinya, merupakan bentuk salah satu komitmen PT KAI untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Keberadaan KA premium ini, lanjut dia, semakin membuat masyarakat antusias menggunakan jasa layanan kereta api yang semakin nyaman namun tetap ekonomis.

Harga tiket KA premium rute Medan-Rantauprapat rata-rata Rp100.000, lebih murah dibandingkan dengan harga tiket KA Sribilah dengan rangkaian kelas bisnis Rp135.000 per orang.

Vice President PT KAI (Persero) Divre 1 Sumut, Rusi Haryono mengatakan bahwa kereta dengan 9 gerbong (8 gerbong penumpang dan satu kereta mesin pembangkit) tersebut memiliki kelebihan dibanding kelas bisnis maupun kelas ekonomi yang beroperasi saat ini.

Di setiap gerbong dengan kapasitas 80 penumpang itu misalnya dilengkapi tiga televisi.

Desain interior dan fasilitas juga mewah seperti ada AC, lampu baca, kursi/tempat duduk yang bisa distel dan dilengkapi CCTV untuk memastikan keamanan penumpang.

“Fasilitas tidak berbeda jauh dengan yang ada di kereta api kelas eksekutif sehingga bisa disebut Sribilah premium merupakan kereta api rasa eksekutif, tapi harga ekonomi,” ujar Rusi. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top