Home / Luar Negeri / Dua Korea Tampil Bersama di Asian Games Jakarta

Dua Korea Tampil Bersama di Asian Games Jakarta

Bendera Korea Selatan (kiri) dan bendera korea Utara (kanan). (Foto: LintasMedan/ist)

Seoul, 29/4 (LintasMedan)  – Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In dalam agenda pertemuan tingkat tinggi antar-Korea di Gedung Perdamaian Korea Selatan, Jumat (27/4) pekan lalu.

Dalam pertemuan itu, mereka menandatangani kesepakatan perdamaian yang tertuang dalam Deklarasi Panmunjeon.

Terdapat tiga poin utama yang disepakati kedua belah pihak dalam deklarasi tersebut.

Salah satu dari tiga poin itu, yakni partisipasi keduanya dalam agenda Asian Games 2018 untuk menunjukan kearifan bersama, bakat, dan solidaritas.

Kedua negara itu juga akan berusaha pada upaya membangun kesejahteraan bersama dan persatuan melalui peningkatan hubungan dan kerja sama kedua Korea.

Menyikapi peristiwa positif ini, pemerintah Indonesia menyambut baik hasil pertemuan tersebut, seperti yang dikutip dari pernyataan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada laman resmi Twitternya di Jakarta, Jumat.

Menteri Retno menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia telah mengikuti dengan seksama Pertemuan Tingkat Tinggi AntarKorea yang berlangsung pada Jumat di zona demiliterisasi antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Dia juga menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia berharap pertemuan antarpemimpin Korea itu akan memantapkan fondasi bagi perdamaian jangka panjang di Semenanjung Korea dan membawa kemakmuran bagi rakyat kedua negara. (LMC-03/dari berbagai sumber)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top