Home / Headline / Gubernur Sumut Sosialisasikan Semangat Maritim

Gubernur Sumut Sosialisasikan Semangat Maritim

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (kanan) menyalami para penumpang di atas KM  Kelud  dalam perjalanan dari Pelabuhan Belawan Medan menuju Batam, Kepulauan Riau, Selasa (3/4). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 3/4 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Tengku Erry Nuradi menyosialisasikan semangat kemaritiman kepada jajaran pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah provinsi (Pemprov) setempat dengan memanfaatkan kapal motor (KM) Kelud milik PT Pelni saat melakukan kunjungan kerja ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa.

“Semangat kemaritiman kini sudah mulai memudar, sehingga mutlak diperlukan usaha-usaha tertentu untuk membangkitkannya lagi,” katanya didampingi Plt Sekdaprov Sumut, Ibnu S Hutomo.

Ia menjelaskan, Indonesia sebagai negara kepulauan tentunya semangat untuk menjadi negara maritim sangatlah besar, sebab semangat maritim sendiri sebenarnya sudah ada dari zaman kerajaan-kerajaan jauh sebelum Indonesia merdeka.

Pada masa lalu, lanjut Gubernur, kepiawaian nenek moyang bangsa Indonesia menakluklan`lautan juga telah didengar hingga ke negara-negara tetangga.

Sebagaimana diinformasikan, secara geo-politik, historis dan budaya, Indonesia dapat dijadikan sebagai sebuah negara maritim karena wilayah darat Indonesia dalam satu kesatuan yang dikelilingi oleh lautan dengan 2/3 wilayahnya merupakan laut dan jumlah pulau terbanyak di dunia serta salah satu garis pantai terpanjang di dunia.

Lebih lanjut ia juga mengemukakan seputar perkembangan pembangunan di sekitar perairan Belawan, salah satunya adalah proyek rekmalasi Pelabuhan Belawan untuk perluasan lokasi terminal peti kemas Pelabuhan Internasional Belawan atau International Container Terminal (BICT) yang direncanakan rampung sebelum memasuki tahun 2019.

Setelah proyek reklamsi tersebut selesai, kapasitas bongkar muat di BICT diperkirakan meningkat menjadi sebanyak 1,7 juta teus per tahun.

Selama 22 jam perjalanan laut menuju ke Batam, ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan, antara lain rapat kerja dengan seluruh kepala OPD, ramah ramah untuk meningkatkan kekompakan dan rasa kebersamaan di lingkungan Setdaprov Sumut. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top