Home / Politik / Kapolda Sumut Pertegas Polisi Netral di Pilkada

Kapolda Sumut Pertegas Polisi Netral di Pilkada

Kapolda Sumut Irjen Pol. Paulus Waterpauw. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 26/4 (LintasMedan) – Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol. Paulus Waterpauw, kembali menegaskan netralitas personel dan institusi Polri pada Pilkada serentak 2018.

“Polda Sumatera Utara beserta seluruh jajaran Polres hingga Polsek netral dalam tahapan Pilkada 2018 yang sedang berjalan,” katanya di Medan, Kamis.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam Pilkada 2018 polisi, TNI, KPU, dan Panwaslu merupakan satu rangkaian dalam menyiapkan masyarakat yang kondusif sehingga Pilkada berjalan dengan sukses.

“Kita pastikan Polri akan selalu netral dalam Pilkada Sumut,” ujarnya.

Disebutkan, netralitas Polri dalam Pilkada sudah diatur dalam pasal 28 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri.

Dalam pasal itu dengan jelas ditegaskan bahwa Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

Paulus membantah jika dirinya dituding tidak netral dalam Pilkada Sumut 2018, sebagaimana pernyataan sekelompok mahasiswa yang mengatasnamakan Presedium Dewan Mahasiswa Sumatera Utara saat menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Sumut pada Rabu (25/4).

“Aksi tersebut sah-sah saja karena mahasiswa ingin menyampaikan aspirasinya kepada lembaga perwakilan rakyat. Namun apa yang menjadi tuntutan melalui pernyataan sikap tertulis tersebut tidak memiliki dasar yang jelas dan hanya menuding cenderung mengarah ke fitnah. Kita pastikan Polri akan selalu netral dalam Pilkada Sumut,” ujar Kapolda.

Karena itu, ia meminta para mahasiswa yang tergabung dalam Presidium Dewan Mahasiswa Sumatera Utara untuk tidak melempar isu yang dapat berujung fitnah dan menimbulkan persepsi negatif di masyarakat.

“Hendaknya kita sama-sama menjaga agar proses pelaksanaan Pemiluka Sumut nanti dapat berjalan dengan baik,” tuturnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top