Home / Medan / Lebih 2.000 Polisi Kawal Hari Buruh di Sumut

Lebih 2.000 Polisi Kawal Hari Buruh di Sumut

Ilustrasi – Massa pekerja dari berbagai organisasi memperingati Hari Buruh atau May Day. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 30/4 (LintasMedan) – Sedikitnya 2.495 polisi disiapkan untuk pengamanan Hari Buruh pada 1 Mei 2018 yang digelar di berbagai wilayah di Sumatera Utara (Sumut).

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, di Medan, Senin, mengatakan petugas keamanan yang disiapkan terdiri atas personel Brimob dan Sabhara.

“Kita juga menggelar pengamanan bekerjasama dengan mitra kamtibmas lainnya dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif di Sumut,” ujarnya.

Dari jumlah sebanyak itu, kata dia, 705 personel merupakan anggota yang disiagakan Polda Sumut.

“Sisanya merupakan personel dari masing-masing polres,” katanya.

Pihaknya berharap aksi pada Hari Buruh berlangsung aman dan lancar.

Nainggolan menambahkan polisi akan bertindak tegas jika aksi peringatan Hari Buruh tersebut mengarah pada tindak pidana.

Berdasarkan data kepolisian, sejumlah organisasi serikat buruh di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang telah membentuk panitia pelaksana dalam rangka memperingati May Day 2018 di wilayah masing-masing.

Peringatan Hari Buruh di Medan dan Deli Serdang direncanakan diisi dengan sejumlah kegiatan, antara lain pawai, hiburan, lucky draw, bakti sosial, long march, unjuk rasa damai dan pembacaan pernyataan sikap pekerja/buruh.

Pernyataan sikap yang akan disampaikan, antara lain menolak Peraturan Pemerintah No.78 Tahun 2016 tentang Pengupahan, hapuskan sistem tenaga kerja alih daya atau out sourching, jaminan sosial gratis tanpa iuran, dan menolak upah murah.

Elemen serikat buruh yang menggelar kegiatan di Medan, antara lain Gerakan Rakyat Melawan Sumatera Utara (Geram-SU), dan Serikat Buruh FSPMI Provinsi Sumut.

Massa buruh diperkirakan akan menggelar aksi unjuk rasa di kantor gubernur Sumut Jalan Diponegoro dan Lapangan Merdeka Medan. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top