Home / Medan / PDAM Tirtanadi Diundang Tinjau Pengelolaan Air Bersih Perancis

PDAM Tirtanadi Diundang Tinjau Pengelolaan Air Bersih Perancis

Direktur Keuangan PDAM Tirtanadi, Arif Haryadian. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 26/4 (LintasMedan) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sumatera Utara diundang oleh Lyonnaise Des Eux, perusahaan swasta Perancis, untuk meninjau langsung cara pengelolaan sistem air bersih di negara tersebut.

Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi, Arif Haryadian kepada pers di sela acara penanaman pohon di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (25/4), menjelaskan, Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo dan Direktur Air Minum Delviandri telah bertolak ke Paris, Perancis untuk memenuhi undangan itu pada 18 April 2018.

“Keberangkatan dua direksi PDAM Tirtanadi ke Perancis semata-mata untuk melihat langsung sistem dan manajemen pengolahan air dan peningkatan kualitas air bersih di negara itu,” ujarnya di sela kegiatan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Bumi Tahun 2018.

Terkait dengan keberangkatan dua pejabat PDAM Tirtanadi itu ke Perancis, lanjut Arif, seluruh biayanya ditanggung oleh pihak pengundang.

Ia memastikan, keberangkatan dua direksi badan usaha milik daerah (BUMD) tersebut ke Perancis sama sekali tidak membebani keuangan PDAM Tirtanadi.

“Seluruh biaya keberangkatan dan penginapan mereka selama berada di Perancis ditanggung oleh pihak pengundang,” paparnya.

Kunjungan kedua pejabat PDAM Tirtanadi itu ke Perancis, kata Arif, juga dimanfaatkan untuk membahas kerja sama dengan perusahaan asal Eropa itu.

Sebelum memenuhi undangan ke Perancis, pihak PDAM Tirtanadi telah empat kali menerima kunjungan delegasi perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengelolaan air asal Perancis tersebut.

Sebagaimana diinformasikan, PDAM Tirtanadi bekerja sama dengan PT Tirta Lyionnaisse Medan, salah satu anak perusahaan Lyonnaise Des Eux Perancis, sekitar pertengahan Desember 2017 mulai merealisasikan pengembangan kapasitas air dari 500 liter per detik menjadi 900 liter per detik di instalasi pengolahan air (IPA) Limau Manis, Deli Serdang.

Proyek pengembangan dan peningkatan kapasitas air bersih yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi tersebut diharapkan menjadi solusi bagi terpenuhinya kebutuhan air bersih untuk masyarakat.

Pada Tahun 1999, PDAM Tirtanadi melakukan kerja sama dengan investor Prancis Lyonnaise Des Eux dan membentuk PT Tirta Lyonnaise Medan dengan bermitra membangun IPA dengan sistem
bangun guna serah atau build operate and transfer (BOT). (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top