Home / Headline / PDAM Tirtanadi Tanam Pohon Peringati Hari Bumi 2018

PDAM Tirtanadi Tanam Pohon Peringati Hari Bumi 2018

Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi Arif Haryadian melakukan penanaman bibit pohon durian di kawasan hutan di Desa Rumah Sumbul, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (25/4). Kegiatan penghijauan tersebut dilaksanakan PDAM Tirtanadi dalam rangka memperingati Hari Bumi Tahun 2018. (Foto: LintasMedan/Irma)

Sibolangit, 25/4 (LintasMedan) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi dalam rangka memperingati Hari Bumi Tahun 2018 melaksanakan kegiatan penanaman pohon di wilayah tangkapan air atau catchment area Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan,” kata
kata Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi, Arif Haryadian kepada pers, seusai melakukan penanaman pohon di Desa Rumah Sumbul, Kecamatan Sibolangit, Rabu.

Kegiatan penanaman pohon tersebut turut diikuti Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Heri Batanghari, Sekretaris Perusahaan Jumirin, Camat Sibolangit Amos F Karokaro dan sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Pokja Wartawan PDAM Tirtanadi.

Ia menjelaskan, hutan di Desa Rumah Sumbul dan sekitarnya merupakan salah satu kawasan penghasil air di Kecamatan Sibolangit yang selama ini turut dipertankan kelestariannya oleh PDAM Tirtanadi.

Air bersih yang dikelola PDAM Tirtanadi dari sumber mata air di wilayah Sibolangit itu setiap hari didistribusikan kepada sebagian pelanggan di Kota Medan dan sekitarnya.

Oleh karena itu, kata Arif, pihaknya mengajak segenap elemen masyarakat untuk ikut mengambil peran yang lebih besar lagi dalam menjaga dan melstarikan hutan dan sungai, termasuk di kawasan Sibolangit.

Ia menambahkan, kegiatan penanaman pohon yang dilakukan PDAM Tirtanadi di kawasan hutan di Desa Rumah Sumbul menjadi bagian dari upaya untuk menjaga kelestarian hutan.

Sebab, kata Arif, hutan sebagai sumber penyedia keanekaragaman hayati tertinggi tidak hanya menyimpan sumber daya alam berupa kayu, tetapi juga berfungsi dan mempunyai peranan penting dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air bagi manusia.

“Keberadaan hutan sebagai sumber mata air inilah yang menjamin keberlangsungan hidup kita,” ujarnya.

Kegiatan penanaman pohon tersebut turut diikuti Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Heri Batanghari, Sekretaris Perusahaan Jumirin, Camat Sibolangit Amos F Karokaro dan sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Pokja Wartawan PDAM Tirtanadi.

Camat Sibolangit, Amos Karokaro menyambut positif kegiatan penghijauan yang dilakukan PDAM Tirtanadi di Desa Rumah Sumbul.

“Sebagian kawasan perbukitan di Sibolangit kerap terjadi longsor. Salah satu upaya untuk mencegahnya adalah dengan menanam pohon,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini rombongan dari PDAM Tirtanadi menanam sekitar 500 bibit pohon, seperti pohon durian, pohon ketapang, mahoni dan beberapa jenis pohon lainnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top