Home / Medan / Pemko Medan Sosialisasikan Pentingnya Produk Halal

Pemko Medan Sosialisasikan Pentingnya Produk Halal

Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Pemko Medan Muslim (tengah) didampingi Kadis Perdagangan Armansyah Lubis (kiri) dan Kabag Perekonomian M. Nasib (kanan), memimpin rapat lanjutan pembentukan Tim Terpadu Pengawas Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis, di Balai Kota Medan, Selasa (10/4). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 10/4 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui sebuah tim terpadu melakukan sosialiasi kepada masyarakat dan pedagang mengenai pentingnya
pengawasan serta jaminan produk halal dan higienis.

“Tim Terpadu Pengawas Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis akan turun ke lapangan guna mengecek hal tersebut, sehingga masyarakat dapat lebih aman dan nyaman memilih produk di pasaran,” kata Kadis Ketahanan Pangan Pemko Medan, Muslim di Medan, Selasa.

Ia menjelaskan hal itu saat memimpin rapat lanjutan pembentukan Tim Terpadu Pengawas Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis di Balai Kota Medan.

Untuk langkah awal, menurut dia, para petugas yang tergabung dalam tim terpadu tersebut akan memberikan pemahaman dan sosialiasi terhadap produk makanan maupun minuman yang belum memiliki sertifikasi Halal.

Khusus mengenai penerbitan sertifikasi halal, kata dia, pengelolaannya akan ditangani oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat untuk pengeluaran label halal bagi produk makanan dan minuman.

Dalam rapat yang dihadiri para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkup Pemko Medan itu, Muslim mengemukakan, pengawasan terhadap produk halal bukan hanya menjadi tugas pemerintah daerah semata, tetapi juga merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

Karena itu, ia mengajak segenap elemen masyarakat di ibu kota Provinsi Sumut tersebut agar ikut mengawasi produk halal khususnya makanan dan minuman, sebagaimana diatur dalam Perda No. 10 Tahun 2017 tentang Pengawasan serta Jaminan Produk Halal dan Higienis. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top