Home / Bisnis / Pemprov Sumut jaga Pasokan Bahan Pokok untuk Ramadan

Pemprov Sumut jaga Pasokan Bahan Pokok untuk Ramadan

Ilustrasi – Bahan kebutuhan pokok. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 17/4 (LintasMedan) – Menjelang masuknya bulan suci Ramadan yang jatuh pada Mei 2018, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara berupaya menjaga pasokan dan harga bahan pokok.

Menurut Pelaksana tugas Sekdaprov Sumatera Utara (Sumut), Ibnu S Hutomo, di Medan, Selasa, ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok menjelang puasa Ramadhan dan Lebaran di Sumut dijamin aman.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dan bisa melaksanakan ibadah dengan tenang selama bulan suci Ramadan, karena stok bahan kebutuhan pokok cukup dan harganya stabil,” ujarnya seusai menggelar Rapat Koordinasi Daerah “Stabilisasi Harga dan Stok atau Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran 2018/1439 H.

Khusus komoditas beras, lanjutnya, seluruh pedagang beras di pasar tradisional diwajibkan menjual beras medium dan ritel modern wajib menjual beras premium sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET)sejak 13 April 2018.

Disebutkan, HET gula pasir di Sumut rata-rata Rp12.500 per kg, minyak goreng curah Rp10.500 per liter dan minyak goreng kemasan Rp11.000 per liter. Selain itu, harga daging sapi beku segar maksimum Rp8.000 per kg.

Pemerintah, lanjutnya, juga siap mengisi stok beras medium di pasar tradisional jika terjadi kekurangan.

Dalam upaya mengawal kelancaran pasokan dan harga bahan kebutuhan pokok, Satgas Pangan Pemprov Sumut bersama tim dari instansi terkait Pemerintah pusat akan melakukan penetrasi ke pasar tradisional dan ritel modern.

Ibnu menambahkan, Pemprov Sumut melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait bekerja sama dengan Perum Bulog akan menggelar operasi pasar murah di sejumlah kabupaten dan kota di wilayah tersebut.

Kegiatan tersebut dimaksudkan ntuk memberi kesempatan bagi masyarakat berpenghasilan rendah mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga murah saat Ramadan. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top