Home / Politik / Ragam Persoalan Ini Bakal Mengemuka di Debat Kandidat Cagub Sumut

Ragam Persoalan Ini Bakal Mengemuka di Debat Kandidat Cagub Sumut

Medan, 10/4 (LintasMedan) – Kalangan elemen masyarakat yakni, akademisi, praktisi hukum dan aktivis peduli lingkungan, mengungkap sejumlah persoalan yang masih melanda Provinsi Sumatera Utara.

Mereka berharap, kedua kandidat Calon Gubernur Sumut, yakni pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah, serta Djarot Syaiful Hidayat dan Sihar Sitorus mampu menjawab sejumlah persoalan rakyat itu dalam acara debat Pilgub Sumut yang akan digelar KPU nanti.

“Kasus kekerasan terhadap anak masih tinggi di Sumut, kami ingin tahu apa tanggapan dua kandidat terkait persoalan ini,” kata Ahmad Muhazir dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sumatera Utara, dalam Fokus Grup Discussion (FGD) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut dalam upaya menentukan thema debat kandidat, Selasa di Medan.

Kemudian Direktur Bina Keterampilan Pedesaan (Bitra) Sumut, Wahyudi mengemukakan persoalan dana desa agar bisa tepat sasaran dan pengelolanya tidak malah tersangkut persoalan hukum.

”Dana desa menjadi salah satu persoalan utama karena masyarakat juga ingin tahu seperti apa sistem pengelolaanya. Karena jika salah dalam mengelola dana yang jumlahnya mencapai triliunan lebih itu uang negaara akan menjadi dana sia-sia,” katanya.

Selanjutnya Direktur Walhi Sumut, Dana Tarigan mempertanyakan soal kerusakan lingkungan diprovinsi ini.

“Fakta bahwa kerusakan lingkungan saat ini 82 persen adalah karena ulah dari pemerintah dan pengusaha. Dalam hal ini terkait perizinan,” kata Dana.

Komisioner KPU Sumut Yulhasni mengatakan sejumlah pertanyaan dari berbagai kalangan itu selanjutnya akan menjadi bahan pertanyaan bagi KPU Sumut yang ditujukan kepada dua kandidat pasangan Cagub Sumut.(LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top