Home / Medan / Satlantas Medan Edukasi Masyarakat Sebelum Ujian SIM

Satlantas Medan Edukasi Masyarakat Sebelum Ujian SIM

Pengendara mencoba sarana lintasan untuk berlatih mengemudikan mobil secara baik dan benar sebelum mengikuti ujian teori dan praktik untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi atau SIM,   di area car free day Lapangan Merdeka Medan, Minggu (1/4) pagi. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 1/4 (LintasMedan) – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan gencar mensosialisasikan sekaligus mengedukasi masyarakat sebelum mengikuti ujian teori dan praktik untuk memiliki surat izin mengemudi (SIM).

“Kita juga menyediakan sarana lintasan yang dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk berlatih mengemudikan kendaraan secara baik dan benar di kawasan Lapangan Merdeka Medan,” kata Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Muhammad Saleh di Medan, Minggu.

Menurut dia, sarana praktik untuk belajar dan berlatih mengemudikan kendaraan bermotor itu dapat dimanfaatkan oleh pemohon SIM pada setiap Minggu mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB.

Program edukasi berlalu lintas tersebut bertujuan memberi pencerahan kepada masyarakat tentang bagaimana berkendara secara baik dan benar.

“Yang lebih pasti, kita mengedukasi masyarakat bagaimana biar mereka bisa lulus dalam ujian teori dan praktik untuk mendapatkan SIM, baik SIM A maupun SIM C,” ujarnya.

Sebab, SIM adalah legalitas seorang pengendara kendaraan bermotor.

Melalui kegiatan edukasi berkendara, pihaknya berharap pemohon SIM bisa lebih memahami apa yang nanti dihadapi saat ujian berlangsung.

Sebelum mengikuti ujian praktik ujian SIM, pihaknya senantiasa siap menjelaskan secara rinci kepada masyarakat tentang apa saja yang perlu diperhatikan saat berada di areal lintasan yang wajib dilalui hingga dinyatakan lulus.

Untuk meminimalisir kegagalan pemohon SIM saat mengikuti ujian teori dan praktik, pihak Satlantas Polrestabes Medan juga menyediakan buku panduan berisi materi tentang teori dan praktik berlalu lintas dengan benar.

”Buku ini gratis dan bisa dimiliki masyarakat yang ingin mengetahui bagaimana tata cara berkendara yang semua isi buku tersebut menyangkut tata cara berlalu lintas yang baik dan benar,” ujar dia. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top