Home / Medan / Sumut Kirim Pelajar SMK Magang ke Belanda

Sumut Kirim Pelajar SMK Magang ke Belanda

Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung (kedua kiri) meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 di SMK Negeri 9 Medan, Senin (2/4). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 2/4 (LintasMedan) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara melalui Dinas Pendidikan setempat segera menyiapkan sejumlah lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk mengikuti program magang di Belanda.

“Selama mengikuti program magang di Belanda, siswa cukup bekerja sambil belajar dalam waktu beberapa bulan. Selesainya terserah mau balik kerja di sini, nanti sudah ditempatkan, atau mau di sana pun bisa,” kata Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Nurhajizah Marpaung di Medan, Senin.

Nurhajizah mengemukakan hal itu di sela meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 di SMK Negeri
9 Medan dan SMK Panca Budi Medan.

Program magang ke Belanda, menurut dia, bertujuan untuk meningkatkan keahlian pelajar SMK sesuai dengan bidang yang digeluti peserta didik.

Salah satu syarat bagi siswa yang ingin mengikuti program magang di luar negeri harus mahir berbahasa Inggris dengan kriteria tertentu.

“Siswa yang akan dikirim ke luar negeri harus bisa berbahasa Inggris. Nanti kita akan kumpulkan dari SMK itu berapa yang bisa dikirim, tetapi kita lihat juga nilainya, bukan hanya bahasa Inggris,” ujar Wagub.

Terkait pemberian penawaran beasiswa untuk pelajar di Sumut, Pemprov setempat belum lama ini telah menandatangani kerja sama atau nota kesepahaman bersama(MoU) pimpinan pengelola Program Dukungan Beasiswa Belanda-Indonesia.

Terkait dengan pelaksanaan UNBK di Sumut, Nurhajizah mengingatkan bahwa sistem pembelajaran di SMK perlu lebih ditingkatkan lagi, guna memudahkan siswa mendapat pekerjaan setelah tamat sekolah.

“Saat ini yang perlu diperbaiki bukan hanya persiapan saja, tetapi sistem pembelajarannya juga. Anak-anak itu minus english (Bahasa Inggris),” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jumlah peserta UNBK tingkat SMK di Sumut tercatat sebanyak 87.554 orang atau sekitar 97,9 persen.

Sementara, siswa yang masih mengikuti ujian nasional dengan menggunakan pensil dan kertas sebanyak 1.874 orang.  (LMC-03) 

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top