Home / Medan / Sutan Mohammad Amin Diusulkan jadi Nama Jalan

Sutan Mohammad Amin Diusulkan jadi Nama Jalan

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri) menerima audiensi
Kepala Pusat Studi Sejarah dan Ilmu Sosial Unimed, Dr Phil Ichwan Azhari MS (kedua kanan) dan staf di rumah dinas walikota Jalan Sudirman Medan, Jumat (13/4). Phil Ichwan dalam pertemuan itu menyampaikan usulan nama Sutan Mohammad Amin agar dijadikan salah satu nama jalan di Kota Medan. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 13/4 (LintasMedan) – Pusat Studi Sejarah dan Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (Unimed) mengusulkan Gubernur Sumatera Utara pertama Sutan Mohammad Amin diusulkan menjadi nama jalan di Kota Medan.

“Kita berharap Pemerintah Kota Medan dan DPRD bisa menetapkan nama ruas jalan di Medan dengan nama Sutan Mohammad Amin,” kata Kepala Pusat Studi Sejarah dan Ilmu Sosial Unimed, Dr Phil Ichwan Azhari MS saat melakukan kunjungan silaturraahmi kepada Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin, di Medan, Jumat (13/4).

Ia mengemukakan, Sutan Mohammad Amin salah seorang tokoh penting asal Sumut dalam peritiswa Sumpah Pemuda 1928 dan Komisi Besar Indonesia Muda tahun 1929.

Pada awal kemerdekaan RI, Sutan Mohammad Amin pernah menjabat sebagai gubenur Sumut selama tiga periode berturut-turut.

Terkait dengan usulan Sutan Mohammad Amin menjadi nama jalan, ia Ia menyarankan, ada dua alternatif nama jalan yang dinilai tepat ditabalkan untuk nama tokoh tersebut, yakni Jalan Gunung Krakatau atau Jalan Sei Batang Hari.

“Sebaiknya Jalan Krakatau, karena jalan tersebut lebih besar dan panjang,” ujar Phil Ichwan.

Menanggapi usulan itu, Walikota Medan Dzulmi Eldin, menyatakan sangat menyambut baik usulan nama Sutan Mohammad Amin ditabalkan menjadi salah satu nama jalan di Kota Medan.

Dia menyarankan kepada para pengusul agar segera mengurus pengusulan nama ini ke DPRD Medan.

Sebagaimana diketahui, Sutan Mohammad Amin Nasution nama pena Krueng Raba Nasution Lahir 22 Februari 1904 di Lho Nga, Aceh dan meninggal dunia di Jakarta pada 16 April 1993.

Sutan Mohammad Amin semasa hidupnya juga pernah menekuni profesi sebagai pengacara dan penulis. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top