Home / Headline / Wagub Sumut: Tutup Seluruh Jalur Pintu Masuk Narkoba

Wagub Sumut: Tutup Seluruh Jalur Pintu Masuk Narkoba

Wagub Sumut Nurhajizah Marpaung disaksikan Kepala BNN Pusat Komjen Pol. Heru Winarko (kedua kanan), anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan (kanan) dan Bupati Deli Serdang Zainuddin Mars (kiri), mendandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Loka Rehabilitasi BNN Kabupaten Deli Serdang di Jalan Karya Jasa Lubuk Pakam, Kamis (12/4). (Foto: LintasMedan/ist)

Lubuk Pakam, 12/4 (LintasMedan) – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Nurhajizah Marpaung meminta agar jalur yang memungkinkan untuk pintu keluar masuk menuju Sumut ditutup seluruhnya dari praktik penyelundupan maupun peredaran narkoba.

“Upaya pemberantasan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba oleh pemerintah dan pihak terkait lainnya akan sia-sia, jika pintu-pintu masuk narkoba ke daerah ini tidak ditutup,” katanya di Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Kamis.

Wagub Sumut menegaskan hal itu pada acara peresmian Loka Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Deli Serdang.

Khusus dalam upaya menutup pintu masuk dan keluar narkoba di Sumut, menurut dia, berkoordinasi dengan pihak Polri dan institusi terkait.

Wagub Sumut juga meminta kepada semua pihak harus peduli untuk menyatukan langkah melawan peredaran narkoba.

Selain itu ia berharap penegakan hukum lebih tegas diterapkan pada jaringan-jaringan yang terlibat.

“Karena narkoba ini sudah masuk ke mana-mana,” kata Nurhajizah.

Pada kesempatan itu, ia mengungkapkan bahwa Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta Medan saat ini dihuni sekitar 3.000 orang narapidana dan 93 persen diantaranya terlibat kasus narkoba.

Sebagian besar narapidana narkoba itu terdiri dari kalangan umur produktif serta didominasi gadis dan janda.

“Mari kita ajarkan mereka pekerjaan di Loka Rehabilitasi sehingga setelah bebas nantinya dapat bekerja,” ujar Nurhajizah.

Ia menilai, keberadaan tempat rehabilitasi yang baru diresmikan di Lubuk Pakam tersebut membuat kinerja BNN menjadi lebih terfokus dan terarah dalam hal memberikan pelayanan dan berkomunikasi serta berkonsolidasi terhadap masyarakat.

Sebelumnya, Kepala BNN Pusat Komjen Pol Heru Winarko mengatakan, untuk mengefektifkan pengawasan peredaran narkoba perlu lebih digiatkan lagi peran dan kegiatan Kamtibmas dan peran Babinsa, serta Pos Pelayanan Terpadu di desa-desa agar masyarakat mengerti akan bahaya narkoba.

Hadir dalam acara itu, anggota DPR RI Hasrul Azwar, Trimedia Panjaitan, Plt Bupati Deli Serdang Zainuddin Mars dan para kepala BNN kabupaten/kota ses Sumut. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top