Home / Medan / Rita Maharani Terima Penghargaan Indonesia Women Leaders 2018

Rita Maharani Terima Penghargaan Indonesia Women Leaders 2018

Ketua Dekranasda Kota Medan Hj. Rita Maharani ketika menerima penghargaan Indonesia Women Leaders 2018 pada acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini dan Hari Kebangkitan Nasional, di auditorium Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta, Jumat (11/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 11/5 (LintasMedan) РKetua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan, Hj. Rita Maharani terpilih menjadi salah satu dari 11 tokoh perempuan peraih penghargaan Indonesia Women Leaders 2018 yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini dan Hari Kebangkitan Nasional, di auditorium Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta, Jumat (11/5).

Rita Maharani yang juga istri Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin menerima penghargaan tersebut karena dinilai telah berhasil mengembangkan industri kreatif berupa Batik Medan dan songket Medan, sehingga produk kerajinan itu dikenal di nusantara dan mancanegara.

“Alhamdulillah Batik Medan dan Songket Medan diterima baik oleh masyarakat. (penghargaan) Ini merupakan hasil yang sangat baik bagi pengembangan industri usaha mikro, kecil dan menengah khususnya pengrajin batik di Kota Medan,” ucap Rita Maharani.

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pribudiarta Nur Sitepu tersebut, Rita menjelaskan bahwa Kota Medan memiliki potensi untuk pengembangan usaha industri kerajinan membatik.

Karena itu, lanjutnya, Dekranasda Medan akan terus merealisasikan program pembinaan dan pemberdayaan UMKM di sektor kerajinan batik.

“Saat ini Batik Medan dan Songket Medan tidak hanya dikenal di Medan, tetapi juga sudah menjangkau provinsi di seluruh Indonesia dan sejumlah negara,” ujarnya.

Indonesia Women Leaders 2018 juga diberikan kepada tokoh perempuan lainnya yang dinilai berhasil dalam hal kepemimpinan di bidang politik, ekonomi dan industri kreatif lainnya.

Selain Ketua Dekranasda Medan, penghargaan serupa juga diberikan kepada 10 tokoh perempuan lainnya, diantaranya Walikota Tanggerang Selatan Airin Rachmi Diany, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Netty Prasetiyani Heryawan.

Para tokoh ini memperoleh penghargaan tersebut sesuai dengan kategori masing-masing.

“Kami sengaja ingin memunculkan tokoh-tokoh perempuan yang selama ini sudah memberikan sesuatu yang menginspirasi di daerahnya masing masing,” kata ketua panitia penyelenggara Indonesia Women Awards 2018, Nevy Hetharia.

Menurut Nevy, banyak tokoh perempuan di daerah yang selama ini sudah banyak melakukan berbagai hal dan perubahan kepada masyarakat.

“Perempuan mampu melakukan segala hal. Mereka berhasil membangun masyarakat di daerahnya menjadi lebih baik dari sebelumnya,” ucapnya.

Nevy berharap kisah hidup dan apa yang telah dilakukan para tokoh mnejadi inspirasi bagi kaum perempuan, termasuk kalangan mahasiswi. (LMC-05/rel)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top