Home / Medan / USAID Dukung Implementasi Program “Medan Rumah Kita”

USAID Dukung Implementasi Program “Medan Rumah Kita”

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (kanan) dan pelaksana Direktur USAID Indonesia Ryan Washburn (kiri) saling tukar cendera mata seusai melakukan pertemuan di Balai Kota Medan, Senin (7/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 7/5 (LintasMedan) – Badan Pembangunan Bantuan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development/USAID) mendukung Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengimplementasikan percepatan program “Medan Rumah Kita” yang terintegrasi dengan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Rakyat (LAPOR) secara online.

“Kami sangat mendukung program Medan Rumah Kita yang terintegrasi dengan aplikasi LAPOR ini, karena penerapan sistem pelayanan publik secara online tersebut dapat mempermudah masyarakat untuk mengadukan berbagai hal ke pemerintah,” kata pelaksana Direktur Misi USAID Indonesia, Ryan Washburn saat melakukan pertemuan dengan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, di Balai Kota Medan, Senin (7/5).

Menurut dia, pengaplikasi LAPOR yang terintegrasi dengan sistem lainnya seperti yang dimiliki Pemerintah Kota Medan yaitu sistem “Medan Rumah Kita” membantu membawa pemerintah lebih dekat dengan masyarakat dengan cara memperkuat akuntabilitas, demokratis dan meningkatkan pelayanan publik.

Ryan menilai, penggunaan aplikasi dari LAPOR yang terintegrasi dengan program Medan Rumah Kita efektif membantu meningkatkan kinerja Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam hal memaksimalkan kualitas layanan publik.

Sebab, lanjutnya, aplikasi LAPOR bekerja dengan mekanisme yang partisipatif, transparan, dan akuntabel.

Melalui optimalisasi pelayanan publik berbasis internet tersebut, lanjutnya, diyakini masyarakat penerima layanan publik dapat menyampaikan laporan dan keluhan terkait pelayanan yang mereka terima.

“Kami berharap program Medan Rumah Kita yang terintegrasi dengan aplikasi LAPOR turut memberi kontribusi nyata terhadap upaya Pemko Medan meningkatkan kualitas layanan publik sekaligus memperbaiki kesejahteraan masyarakat,” kata Ryan Washburn.

Sementara itu, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, menjelaskan bahwa aplikasi LAPOR
telah diimplementasikan Pemko Medan sejak Desember 2016.

Melalui aplikasi layanan publik itu, menurut dia, masyarakat dapat menyampaikan pengaduannya yang kemudian langsung direspon oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

“Hingga saat ini aplikasi tersebut masih terus aktif. Masyarakat dapat mengirimkan pengaduan ke aplikasi LAPOR dengan cara menuliskan aduannya, mengirim foto dan identitas diri pegawai yang diadukan. Aduan yang diterima akan ditampung dan selanjutnya diteruskan ke OPD terkait,” paparnya.

Setiap pengaduan masyarakat yang dikirim melalui aplikasi LAPOR, kata Akhyar, akan ditanggapi dan ditindaklanjuti oleh OPD terkait paling lama satu minggu.

Tindak lanjut dari pengaduan masyarakat tersebut dapat langsung dikerjakan atau harus dianggarkan terlebih dahulu.

“Paling lama satu minggu masyarakat sudah mendapatkan jawabannya,” ujar Wakil Walikota.

Selain aplikasi Medan Rumah Kita, katanya, masyarakat juga dapat menyampaikan pengaduan seputar layanan publik ke SMS center atau mengirim langsung ke nomor telepon selular walikota, wakil walikota dan pejabat Pemko Medan lainnya.

Pertemuan antara pelaksana Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn dengan Wakil Walikota Medan itu diakhiri dengan saling bertukar cendramata dan foto bersama. (LMC-05)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top