Home / Medan / Walikota Perintahkan PU Medan Perbaiki Jalan Longsor

Walikota Perintahkan PU Medan Perbaiki Jalan Longsor

Pekerja menyusun lempengan beton di sisi badan jalan yang longsor di Jalan Petunia Raya, Kelurahan Namo Gajah, Kecamatan Medan Tuntungan, Rabu (2/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 2/5 (LintasMedan) – Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin memerintahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat segera memperbaiki badan jalan yang longsor di Jalan Petunia Raya, Kelurahan Namo Gajah, Kecamatan Medan Tuntungan, Rabu (2/5).

Menurut Walikota, jika sebagian badan jalan yang amblas tersebut tidak segera ditangani, dikhawatirkan rentan membahayakan bagi keselamatan pengguna jalan.

Pascaperistiwa badan jalan longsor di Jalan Petunia Raya, Dinas PU Kota Medan telah mengerahkan puluhan pekerja dan satu unit mobil crane ke lokasi kejadian.

Para pekerja sudah berada di lokasi dan mereka mulai menyusun lempengan beton di sisi badan jalan yang amblas itu hingga tingginya kembali menyamai permukaan jalan.

“Lempengan benton kita susun sebagai tembok untuk menahan agar dinding sungai tidak longsor lagi. Selain pengerjaannya cukup cepat dan praktis, hasilnya pun sangat efektif sebagai penahan dinding sungai,” kata Kepala Dinas PU Kota Medan, Khairul Syahnan.

Penyusunan lempengan beton di sisi badan jalan yang amblas merupakan langkah darurat untuk mencegah terjadinya longsor kembali sehingga dapat merusak jalan.

Langkah selanjutnya, kata Syahnan, pihaknya berencana melakukan pembetonan di sepanjang badan jalan yang berjarak relatif dekat dengan daerah aliran sungai tersebut.

“Kita berusaha sekuat tenaga agar penanggulangan longsor selesai dikerjakan secepatnya, sehingga warga kembali merasa nyaman ketika melintasi kawasan ini,” kata Khairul.

Ia menambahkan, penanganan badan jalan amblas di sekitar pinggiran sungai itu merupakan kewenangan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumut.

Namun, lanjutnya, karena dikhawatirkan longsor kembali terjadi akibat tidak cepat ditangani, maka langkah antisipasi langsung dilakukan.

“Jika badan jalan yang longsor tersebut tidak cepat ditangani, tidak tertutup kemungkinan longsor susulan akan terjadi kembali,” paparnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top