Home / Sumut / Soal Kapal Tenggelam, Wagirin Minta Jangan Saling Menyalahkan

Soal Kapal Tenggelam, Wagirin Minta Jangan Saling Menyalahkan

Wagirin Arman. (Foto:lintasmedan/ist)

Medan, 22/6 (LintasMedan) – Ketua DPRD Sumatera Utara, Wagirin Arman meminta berbagai pihak di internal Pemprov Sumut maupun Kabupaten/Kota untuk tidak saling menyalahkan terkait insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, beberapa hari lalu.

“Jangan cari kambing hitam kesana- kemari. Ini memang salah pemerintah, yah tanggungjawab pemerintah,” ujarnya usai menghadiri pelantikan Penjabat Gubernur Sumut, di aula kantor gubernur Jalan Diponegoro Medan, Jumat.

Politisi senior Partai Golkar itu menyampaikan hal tersebut menyikapi
pernyataan Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Utara, M Zein yang mengatakan insiden karamnya KM Sinar Bangun merupakan tanggungjawab Bupati dan Dinas Perhubungan di daerah setempat.

“Yah nggak bisa gitu. Ini tanggung jawab pemerintah secara keseluruhan dan bukan hanya di daerah, makanya kedepan semua sektor harus segera ditata,” katanya.

Sebelumnya di acara yang sama, Zein yang dicecar wartawan terkait masalah itu menyampaikan pihak yang paling bertanggung jawab atas berlayarnya kapal adalah bupati ataupun Dishub di daerah.

“Mereka pemilik wilayah, pengawasan dan tanggung jawab ada di pemilik wlayah, sedangkan Dishub Sumut hanya keluarkan regulasi,” ujar Zein.

Dia memaparkan, kewenangan Dishub terkait berlayarnya kapal di Danau Toba hanya pada surat kelayakan dan surat kelayakan berlayar. Namun, izin berlayar kapal dikeluarkan oleh Dishub di daerah.

Apalagi, kata dia yang jadi persoalan adalah kapal karam akibat kelebihan tonase, yang seharusnya tidak boleh terjadi.

Namun demikian Zein menambahkan, pihaknya tidak bisa terlalu banyak memberikan keterangan karena insiden tersebut masih dalam menyelidikan pihak KNKT.

“Jadi tunggu hasilnya jangan pula nanti berbeda apa yang saya sampaikan dengan hasil penyelidikan KNKT,” katanya.

Dia juga menyampaikan pihaknya bersama sejumlah pemangku kepentingan lainnya akan menggelar rapat tertutup, Sabtu di Hotel Niagara Parapat.

“Besok beberapa SKPD termasuk Dishub Sumut akan menggelar pertemuan di Parapat membahas persoalan ini,” ungkapnya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top