Home / Medan / DPRD : Potensi Kebocoran PAD Diprediksi dari IMB

DPRD : Potensi Kebocoran PAD Diprediksi dari IMB

Ilustrasi

Medan, 27/7 (LintasMedan) – Anggota DPRD Medan, Parlaungan Simangunsong mengungkap salah satu potensi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah dari sektor perizinan, salah satunya IMB.

“Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak bangunan di Kota Medan tanpa IMB. Ini terjadi akibat kurangnya pengawasan dari instansi terkait sehingga ada oknum yang mengambil keuntungan dari situasi tersebut,” katanya, Jumat (27/7).

Padahal, kata Parlaungan jika pengawasan dinas terkait tidak maksimal mengakibatkan kurangnya PAD Kota Medan.

Pemko Medan, kata Parlaungan harus tahu bahwa banyak kebocoran PAD di daerah ini akibat kurang efektifnya kinerja aparatur, terutama di Kecamatan dan Kelurahan.

“Sebagai lembaga paling dekat dengan masyarakat, harusnya kelurahan tahu berapa jumlah pembangunan yang sedang berdiri dan harusnya bisa memastikan bahwa bangunan tersebut dibangun setelah mengurus IMB,” paparnya.

Namun kondisinya, kata dia justru banyak aparat kelurahan yang tidak melaporkan adanya bangunan berdiri tanpa IMB.

“Hal ini harusnya menjadi pertanyaan, kenapa mereka tidak melaporkan. Apakah tidak tahu atau pura-pura tidak tahu,” ujar Politisi Partai Demokrat ini.

Kalau kondisinya seperti ini, dipastikan target PAD Kota Medan dari bidang perizinan tersebut tidak akan tercapai.

“Masyarakat sendiri kurang sadar untuk mengurus IMB sebelum membangun. IMB dibuat bukan hanya sekedar mencari pemasukan Pemko Medan, namun untuk menata kota supaya rapi dan sesuai rencana,” paparnya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey