Home / Medan / Lomba Makanan Non Beras Meriahkan HUT Kota Medan

Lomba Makanan Non Beras Meriahkan HUT Kota Medan

Sekda Kota Medan Syaiful Bahri meninjau stand peserta lomba menu makanan non beras dan non terigu, di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (5/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 5/7 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar lomba menu makanan kudapan berbasis non beras dan non terigu, di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (5/7).

Lomba cipta menu panganan khas non beras dan non terigu yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-428 Kota Medan tersebut diikuti puluhan peserta dan dibuka Walikota Medan diwakili Sekretaris Daerah Kota Medan Syaiful Bahri.

“Kita mengapreasiasi penyelenggaraan lomba menu makanan kudapan berbasis non beras dan non terigu. Masih banyak karbohidrat pengganti beras dan terigu yang juga menyehatkan,” ujar Syaiful.

Ia menambahkan, penganekaragaman pangan akan mendorong penyediaan produk makanan yang lebih beragam dan aman dikonsumsi.

Dari sisi produksi, lanjutnya, penganekaragaman pangan akan meminimalkan risiko produksi yang monopoler, meredam gejolak harga, meningkatkan pendapatan petani, menunjang pelestarian sumber daya alam, dan mengurangi ketergantungan pada satu jenis bahan pangan pokok.

Karena itu, Pemko Medan akan terus menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk beralih mengonsumsi kudapan berbasis selain beras dan terigu.

Diakuinya, untuk menghilangkan asumsi yang menyebutkan bahwa belum makan jika belum mengonsumsi beras merupakan tantangan yang perlu terus diluruskan.

“Masih banyak karbohidrat pengganti beras dan terigu yang juga menyehatkan,” ujarnya.

Sebelumnya, ketua panitia yang juga Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Rosdiana Siahaan lomba menu makanan non beras dan non terigu tersebut diikuti peserta dari kalangan masyarakat umum dan utusan dari beberapa organisasi perangkat daerah.

“Lomba ini melibatkan juri dari kalangan akademisi dan profesional,” paparnya.

Disebutkan, lomba ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang konsumsi pangan non beras dan non terigu sekaligus meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mengolah dan menyajikan kudapan serta mendorong kreativitas pengusaha pangan lokal dalam mengembangkan dan menciptakan kudapan sebagai usaha bisnis pangan lokal olahan. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top