Home / Headline / Pemko Medan Berkomitmen Fasilitasi Seniman Lokal

Pemko Medan Berkomitmen Fasilitasi Seniman Lokal

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (kelima kiri, belakang) foto bersama para seniman dan budayawan di sela menghadiri acara Kumpul Kreatif Jilid 2 bersama sejumlah seniman dan budayawan yang digelar Creative Project, di Medan, Jumat (13/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 13/7 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan berkomitmen untuk terus memfasilitasi seniman dan budayawan lokal untuk menyalurkan bakat dan kemampuan agar kreativitas mereka makin berkembang.

“Pemerintah Kota Medan siap memfasilitasi. Silahkan pergunakan taman-taman Kota Medan sebagai tempat berdiskusi dan menelurkan karya kreatif anak muda Medan,” kata Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, saat menghadiri acara Kumpul Kreatif Jilid 2 bersama sejumlah seniman dan budayawan di Medan, Jumat (13/7).

Dalam acara yang digelar Creative Project itu, ia menjelaskan salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan oleh para seniman dan budayawan untuk mengembangkan bakat dan kreativitas adalah Taman Bina Budaya yang lahannya milik Pemko Medan dan gedungnya milik Pemprov Sumut.

Komplek seni dan budaya tersebut diharapkan paling lambat akhir tahun 2018 akan dikelola secara penuh oleh Pemko Medan, sehingga pemanfaatan Taman Bina Budaya dapat lebih maksimal.

Akyar mengingatkan bahwa Medan sebagai kota masa depan akan dimiliki oleh orang-orang yang memiliki ide-ide kreatif, karena Medan dimasa lalu juga dibangun oleh orang-orang kreatif.

Salah satu ide kreatif itu dibuktikan dengan munculnya filosofi Medan Rumah Kita, yakni menanamkan kepercayaan diri serta membangkitkan spirit dan semangat warga Medan agar mempunyai rasa memiliki dan bangga terhadap keberadaan kota tersebut.

Menurut Wakil Walikota, membangun Kota Medan tidak hanya membangun secara fisik dan infrastruktur semata, melainkan juga membangun jiwa dan batin, sehingga ke depannya warga Medan lebih bangga menyatakan “Aku Anak Medan”.

“Sudah saatnya Medan dibangun dengan pemikiran-pemikiran yang kreatif, dibangun dengan budaya-budaya inovatif yang berasal dari warga Medan khususnya para kaum muda,” tuturnya.

Oleh karena itu, Akhyar mengajak seluruh kreator yang hadir dalam acara itu untuk terus menelurkan karya-karya yang dapat membanggakan Kota Medan.

“Kami optimis para kreator di Medan mencintai profesinya dan melahirkan karya seni yang mampu mengangkat nama Kota Medan di kancah nasional maupun mancanegara,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya menyampaikan rasa terima kasih dan Apresiasi kepada pengurus dan anggota Medan Creatif Project yang telah menggagas acara yang bertujuan untuk menggerakkan Medan sebagai kota kreatif.

Hadir dalam acara itu, antara lain Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M. Husni, Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Zulfahri Ahmadi, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Medan Said Chaidir, Founder Medan Creative Project F. Andreas serta penulis buku Critical Eleven Ika Natasha. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top