Home / Medan / Pemprov Sumut Terus Berbenah Jelang MTQ Nasional 2018

Pemprov Sumut Terus Berbenah Jelang MTQ Nasional 2018

Ilustrasi – Maskot Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII Tahun 2018 Sumatera Utara. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 18/7 (LintasMedan) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara bekerja sama dengan panitia dan instansi terkait terus berbenah menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-27 yang dijadwalkan dipusatkan di Medan dan Kabupaten Deli Serdang pada 4-13 Oktober 2018.

“Dalam rangka menyukseskan MTQ Nasional 2018, Pemprov Sumatera Utara terus berupaya melakukan pembenahan, termasuk persiapan pendanaan, sarana dan prasarana,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), R Sabrina saat menjadi narasumber dalam dialog di TVRI Stasiun Medan, Rabu.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan panitia dan semua pihak terkait seperti Pemerintah pusat dan kafilah dari seluruh provinsi peserta MTQ Nasional 2018.

Disebutkan, ada delapan lokasi yang dipersiapkan untuk pelaksanaan MTQN ke-27, yaitu Astaka di area Gedung Serba Guna Jalan Pancing, Lapangan Merdeka Medan, Asrama Haji Medan, Gedung Serba Guna Jalan Pancing, Istana Maimun Medan, kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut dan Universitas Negeri Medan (Unimed).

Hingga saat ini, tahapan persiapan MTQN 2018 berjalan lancar dan sudah mencapai progres hingga 70 persen lebih.

Pihak panitia MTQN juga akan menyiapkan media center yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memudahkan para wartawan yang membutuhkan informasi maupun mengirim berita.

Untuk lebih mengoptimalkan sosialisasi perhelatan itu, Pemprov Sumut telah mengimbau kepada semua komponen termasuk organisasi perangkat daerah, BUMN, BUMD, instansi swasta dan masyarakat untuk memasang spanduk dan baliho terkait MTQN 2018.

“Kita berharap kepada panitia untuk bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Karena, acara MTQN ini bisa menjadi representasi Sumut dimata para peserta MTQN yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia dan tamu-tamu dari 38 kedutaan negara-negara sahabat,” ujarnya.

MTQN 2018 di Sumut akan memusabaqahkan delapan cabang, yakni tilawah, khat, hifzih, fahmil, syahril, tafsir, hifzil, dan musabaqoh menulis ilmiah Al-Quran.

Sedangkan para peserta terdiri dari golongan dewasa putra/putri, golongan remaja putra/putri, golongan anak-anak putra/putri, dan golongan penyandang disabilitas netra putra/putri.

Sabrina berharap Sumut posisi sebagai tuan rumah MTQN 2018 bisa mendongkrak perekonomian daerah itu, khususnya dari sektor pariwisata dan usaha kecil dan menengah (UKM) melalui pameran aneka produk dan jasa.

Selain itu, penyelenggaraan MTQN 2018 turut mendongrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumut, terutama wisatawan nusantara.

Karena itu, ia mengajak segenap elemen masyarakat di Sumut agar ikut berperan menyukseskan pelaksanaan MTQN dengan senantiasa menampilkan kesan yang ramah kepada para tamu.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumut Asren Nasution, menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan peserta tuan rumah yang akan mengikuti MTQN 2018, di antaranya dengan mengirim peserta ke tempat pelatihan di Sukabumi, Jawa Barat. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey